Untuk Anda yang ingin punya kendaraan pribadi tapi tidak bisa membeli secara cash, menggunakan layanan kredit mobil syariah bisa jadi jalan keluar terbaik. Sehingga, tidak perlu takut menyalahi aturan agama, tapi kita juga tidak perlu menabung bertahun-tahun yang nilainya selalu tergerus oleh inflasi.
Sebab, masih banyak masyarakat Indonesia yang ragu ketika ingin menyicil mobil pribadi karena mengandung unsur riba. Sedangkan harga mobil yang bekas sekalipun rata-rata masih di atas 20 hingga 30 juta. Artinya butuh beberapa tahun untuk menabung bila penghasilan kita setara UMR nasional.

Ketika jumlah uangnya sudah cukup, nilai mobil tersebut akan lebih tinggi dari tahun kita mulai menabung. Sedangkan nilai uang tabungan kita lebih rendah karena inflasi tiap tahun.

Anda bisa pelajari tentang kredit mobil syariah di https://duitpintar.com/asuransi/mobil-syariah/ agar lebih paham bagaimana cara kerja program ini, apa saja keuntungannya, dan di mana leasing yang menerima kredit syariah.

Untuk melindungi mobil baru Anda, jangan lupa berikan perlindungan dari asuransi mobil syariah.

Apa Itu Program Kredit Mobil Syariah?

Kredit mobil syariah adalah program yang disediakan oleh hampir seluruh bank syariah di Indonesia untuk membantu masyarakat agar bisa punya kendaraan pribadi sendiri.

Mengingat mobil adalah salah satu kebutuhan untuk mempermudah mobilisasi setiap hari, banyak bank syariah yang menawarkan kemudahan sekaligus ketenangan untuk masyarakat yang tidak ingin ada unsur riba di dalam proses transaksinya.

Cicilan yang perlu dibayarkan untuk kredit mobil syariah juga tidak jauh berbeda dengan kredit konvensional. Dengan begitu, tidak ada masyarakat yang terbebani oleh program ini.

Apa Bedanya Program Kredit Syariah dengan Kredit Konvensional?
Program kredit mobil syariah diawasi oleh dua lembaga, yaitu:

● OJK (Otoritas Jasa Keuangan)
● DPS (Dewan Pengawas Syariah)

Peran Otoritas jasa keuangan pada kredit syariah kurang lebih sama seperti pada program kredit mobil dan pinjaman lainnya.
Tapi, ada satu lembaga tambahan, yaitu Dewan Pengawas Syariah, yang berperan untuk mengawasi jalannya dana yang disetor oleh pembeli. Hal ini dilakukan bukan hanya untuk mengawasi tidak adanya bunga di dalam program kredit. Namun juga untuk memastikan dana tidak disalurkan ke hal-hal yang menyalahi aturan syariah.

Selain itu, peran dalam transaksi syariah dilakukan oleh penjual dan pembeli, bukan kreditur dengan debitur. Artinya dari kacamata ekonomi, kita berperan sebagai pembeli yang membeli mobil dengan cara dicicil, bukan pembeli yang meminjam uang untuk membeli mobil tersebut.

Karena bentuknya jual-beli, maka tidak ada bunga di dalam transaksi tersebut. Margin keuntungan dari pihak penjual juga sudah termasuk ke dalam total harga yang perlu kita bayarkan.

Bila diperhatikan, kredit mobil syariah ini konsepnya jauh lebih sederhana dibandingkan kredit konvensional. Namun, masih banyak masyarakat yang belum paham dan mengira kredit syariah ini hanya untuk kalangan tertentu saja.

Lengkapi Mobil Baru dengan Perlindungan dari Asuransi Mobil Syariah
Sama seperti program kredit syariah, kredit mobil syariah juga diawasi langsung oleh Dewan Pengawas Syariah dan Otoritas Jasa Keuangan.

Sehingga, bukan hanya memberikan jaminan perlindungan, tapi juga memastikan asuransi yang Anda ikuti tidak menyalahi aturan syar'i.

Umumnya, program asuransi mobil ini sudah termasuk ke dalam layanan kredit mobil syariah. Jadi tiap mobil yang baru dibeli akan mendapat perlindungan dari asuransi bawaan dengan premi terpisah maupun yang sudah include dengan cicilan tiap bulan.

Dengan cara ini, jumlah premi yang dibayarkan bisa diatur sesuai kemampuan ketika memilih jangka waktu cicilan mobil.

Ketika mobil sudah lunas, Anda bisa melanjutkan polis dari program sebelumnya atau berganti ke produk asuransi syariah lainnya yang lebih sesuai dengan kebutuhan.

Perusahaan yang menyediakan program asuransi syariah di Indonesia juga sudah banyak dan tidak terbatas pada bank syariah saja.

Jangan jadikan tidak mau punya mobil karena riba menjadi alasan membatasi perkembangan diri kita.

Agar bisa punya kendaraan pribadi tanpa menyentuh riba atau hal-hal yang dilarang lainnya, manfaatkan program kredit mobil syariah yang sudah disediakan oleh berbagai bank syariah di dalam negeri.