MADINA - Musabaqah Qira’atil Kutub (MQK) antar pesantren tingkat Kabupaten Mandailing Natal (Madina) resmi ditutup, Kamis (20/10/2022). Panitia penyelenggara menyebut pesantren Mosthofawiyah Purba Baru, keluar sebagai juara umum pada perlombaan MQK kali ini.

MQK yang diselenggarakan oleh pemerintah Kabupaten Madina melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setdakab Madina berlansung selama 3 hari sejak 18 Oktober hingga 20 Oktober 2022, di Pondok Pesantren Roihanul Jannah, Kelurahan Pasar Maga, Kecamatan Lembah Sorik Marapi.

Seluruh pondok pesantren mengutus perwakilan peserta untuk mengikuti 3 cabang lomba yang terdiri dari 25 golongan tingkatan lomba sebanyak 367 peserta santri yang ikut.

Pada penutupan MQK tersebut resmi ditutup oleh Wakil Bupati Madina Atika Azmi Utammi. Sejumlah pejabat di Pemkab Madina juga tampak menghadiri.

Atika mengucapakan terimakasihnya kepada panitia penyelenggara dan begitu juga kepada pimpinan pondok pesanteren di Madina atas suksesnya acara tersebut.

Disisi lain, Atika juga berpesan agar para santri khususnya di Madina supaya mampu memilah dan mimilih informasi dimana yang benar dan tidak benar dari media sosial. 

"Untuk itu, saya berharap agar santri mampu mempertahankan ahlaknya, apalagi disaat sekarang ini sesuai dengan perkembangan tekhnologi. Karena santri santri kita ini adalah benteng di bumi gordang sembilan," katanya.

Selanjutnya, Atika berjanji ditahun berikutnya akan membangun pondok insfratruktur pondok Roihanul Jannah.

"Termasuk jalan ke prsantren ini tahun 2023, insyaalah akan di anggarkan untuk perbaikan. Dan ini lah gunanya saya bawa Kadis kadis kesini supaya bisa melihat langsung atau bagaimana," imbuh Wabup.