MEDAN - Gubernur Sumatera Utara,H.Edy Rahmayadi menghadiri perayaan HUT Badan Kerjasama Organisasi Wanita Sumatera Utara (BKOWSU) ke 52 dan menyampaikan ucapan selamat, dan saat kegiatan berlangsung, Kamis (20/10) di Aula T.Rizal Nurdin. Gubsu berharap para pengurus BKOWSU menjadi pengayom dan mendidik kaum milenial menyambung estafet organisasi yang berkegiatan untuk kepentingan masyarakat luas yang peduli negeri ini.

Hadir Ketua Umum BKOWSU,Hj.Fahrizar Iskandar Hasibuan dan pengurus, forkofinda, para katua organisasi wanita anggota BKOWSU, Penasehat antaranya,Hj.Halimah Zakaria Siregar, Dharma Wanita Persatuan Provsu, Kepala SMKN 14 Medan,Suprianto sekaligus menerima penghargaan sebagai tempat digelarnya kegiatan Dialog stunting bagi remaja, serta undangan lainnya.

Lebih lanjut Gubsu menyampaikan, ibu-ibu selaku pengurus di BKOWSU, sudah saatnya tidak lagi berpikir keras dalam mendukung program kemasyarakatan. Tetapi perlu mengajarkan kaum muda/milenial untuk ikut jejak sebagai sosok yang peduli nasib bangsa dan negara.

"Berikan arahan kepada kaum muda bagaimana mereka menjadi sosok peduli kehidupan berumahtangga,agar nyaman dan tentram.Sehingga situasi itu turut mendukung karir pasangan. Jangan biarkan kaum muda tanp arah, karena organisasi ini bisa memberi pendidikan nyata pada mereka,"ungkap Gubsu.

Gubsu berharap dari data penduduk dunia saat ini mencapai,7.9 miliar dimana 15 persennya adalah manusia yang berguna di dunia menjaga kelestarian lingkungan dunia. Sedangkan 55 persen hanya memanfaatkan dunia untuk hidup, sedangkan 30 persen tidak jelas termasuk melakukan perusakan di dunia ini.

"Maka dengan kehadiran BKOWSU ditengah kaum milenial bisa memberikan arahan agar mereka menjadi manusia yang bermanfaat,"ungkap Gusbu sembari mengingatkan untuk tetap bersyukur.

Wujudkan Pemberdayaan Perempuan

Ketua Umum BKOWSU,Hj.Fajrizar Iskandar Hasibuan, menyampaikan bahwa organisasi ini merupakan organisasi yang bersifat kerjasama antar organisasi wanita di Sumatera Utara, memiliki visi mewujudkan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak yang mampu berdaya guna dan berperan dalam pembangunan Sumatera Utara.

"Hari ini tepat 52 tahun usia BKOWSU sejak didirikan pada 20 oktober 1970. Banyak liku perjalanan kepengurusan seperti yang disampaikan tadi dalam sejarah bkow sumatera utara, hingga kepengurusan kami di masa bakti 2022-2027 yang baru menjalani kepengurusan selama 6 bulan sejak dilantik Gubsu  pada 11 April 2022,"ucapnya.

Disebutkannya  peringatan ulang tahun ke-52 ini dijadikan momentum bangkitnya BKOWSU
untuk mampu tampil bersama gerakan perempuan dan pemerintah memberdayakan perempuan dan perlindungan anak di Sumut.

"Tahun ini kami mengangkat tema khusus yang mendukung gerakan pemerintah dalam pencegahan stunting, yakni "Dengan cinta, di usia emas BKOWSU mendukung upaya cegah stunting bagi anak, di mana fokus dalam
permasalahan cegah stunting ini," ucapnya.

Acara HUT BKOWSU ini juga dirangkai dengan pemberian penghargaan untuk narasumber dalam kegiatan yang digelar. Pemberian sembako untuk lansia dan tali asih untuk 52 orang anak yatim dan penyerahan kartu KIS serta penyaluran nasi kotak untuk anak-anak panti asuhan.