MADINA - Peningkatan fasilitas umum di Kabupaten Mandailing Natal (Madina), salah satunya perbaikan jalan lingkungan di tahun 2022 ini pekerjaannya sudah mulai rampung.

Perbaikan jalan tersebut ada 54 paket yang dikerjakan dan tersebar di beberapa desa Kecamatan yang ada di Kabupaten Madina.

Pada tahun 2022 ini, Dinas Perkim Madina telah menganggarkan dana sebesar Rp 7.390.000.000,- untuk peningkatan jalan lingkungan di Kabupaten itu.

Pembangunan jalan lingkungan ini sendiri bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) dan Anggaran Pendapatan Belajana Negara (APBN) tahun 2022.

Plt Kepala Dinas Perkim Ahmad Nasir melalui Kepala Bidang Perumahan Dinas Perkim Madina Wiwin Ardiansyah mengatakan peningkatan sejumlah fasilitas umum ini sebagai wujud dan langkah mewujudkan visin-misi  Bupati Madina Jakfar Sukhairi Nasution dan Wakil, Atika Azmi Utammi termasuk infrastruktur jalan lingkungan desa.

Wiwin menyebut, 54 paket proyek itu saat ini yang sudah Serah Terima Sementara Pekerjaan (Provisional Hand Over-PHO) sudah mulai rampung  proses pengerjaannya oleh pihak rekanan di lapangan.

"Tahun ini ada 54 paket pembangunan jalan desa/keliling di Madina. Progresnya sekarang 70% sudah PHO," ujarnya, ketika dihubungi, Kamis (13/10/2022).

Dia juga mengungkapkan, pihaknya juga memberikan masa pemilharaannya kepada ke pengelola selama 180 hari, setelah pekerjaan paket perbaikan jalan lingkungan tersebut sudah di PHO-kan.

"Ada (masa pemeliharaan diberikan kepada ke pengelola) selama 180 hari sejak PHO," ujarnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun pembangunan jalan desa/lingkungan tersebut berada di Kecamatan Batahan dua paket, Kecamatan Muara Batang Gadis dua paket, Kecamatan Sinunukan satu paket, Kecamatan Batang Natal lima paket.

Kemudian di Kecamatan Natal tiga paket, Kecamatan Lingga Bayu lima paket, Kecamatan Ranto Baek satu paket, Kecamatan Panyabungan Selatan satu paket, Kecamatan Panyabungan Barat satu paket.

Seterusnya, Kecamatan Kotanopan empat paket, Kecamatan Lembah Sorik Marapi satu paket, Kecamatan Panyabungan Timur satu paket, Kecamatan Panyabungan 14 paket.

Selanjutnya di Kecamatan Siabu tujuh paket, Kecamatan Bukit Malintang dua paket, Kecamatqn Naga Juang satu paket dan Kecamatan Hutabargot satu paket proyek.