SIBOLGA - Badan Pusat Setatistik (BPS) menggelar kegiatan media gathering sosiasilasi pendatan awal registrasi sosial ekonomi (Regsosek) Kota Sibolga Tahun 2022, di Hotel Prima, Kota Sibolga, Kamis (13/10/2022) Kepala BPS Sibolga, Sabar Alberto Harianja mengatakan, tujuan dari pendataan awal regosek adalah untuk menyediakan sistem dan basis data seluruh penduduk Indonesia yang terdiri dari profil, kodisi sosial, ekonomi dan tingkat kesejahteraan yang terhubung dengan data induk kependudukan serta basis data lainya  hingga tingkat desa dan kelurahan.

"Dengan adanya sosialisasi  ini tentu akan dapat mempermudah kita untuk melakukan pendataan ketika turun kelapangan," kata Sabar.

Masih katanya, Regsosek mencakup informasi kondisi sosial ekonomi yang meliputi kondisi sosioe ekonomi demografis, yang tersidiri dari kondisi perumahan, sanitasi air bersi, kepemilikan asest, kerentanan kelompok pendunduk.

Sementara itu, untuk informasi geospasial mencakup infomasi tingkat kesejateran, sosian dan ekonomi.

"Pendataan awal regosek dilaksanakan di 514 Kabupaten/Kota di seluruh indonesia  termaksud Kota Sibolga. Pendataan awal akan dimulai 15 Oktober 2022 sampai dengan 14 November 2022. Dengan jumlah petugas sebanyak 104 orang," ucapnya.

Lanjutnya, petugas pendataan  merupakan hasil rekrumen yang dimulai  pada tanggal 12 - 27 September 2022, selama dua hari efektif dalam tingga gelombang. 

"Gelombang terahir dimulai pada tanggal 4-11 Oktober 2022. Untuk itu, mari kita sama-sama menyukseskan pendatan Regsosek. Terimalah petugas yang akan mendatangi rumah anda dan berikan jawaban yang sejujurnya," pungkasnya.