TOBA - Kapolres Toba AKBP.Taufiq Hidayat Thayeb,S.H,S.I.K menerima dan menyambut kehadiran Pendeta Resort Gereja Kristen Protestan Indonesia (GKPI) Narumonda Kecamatan Siantar Narumonda Kabupaten Toba Pdt.Yoel Oppusunggu,S.Th bersama penetua Gereja (Guru Jemaat) St.Gr. Hotlen Marpaung Selasa, (11/11/2022). Kehadirannya Pendeta Resort bersama guru jemaat ini sebagai ajang silaturahmi sekaligus menyampaikan undangan dan dukungan Kapolres Toba di acara doa bersama sekaligus pesta peletakan batu pertama pembangunan rumah dinas Pendeta Resort GKPI Narumonda di desa Narumonda II Kec.Siantar Narumonda, Minggu (16/10/2022).

Pertemuan dengan Pendeta Resort bersama guru jemaat yang juga sebagai Ketua panitia pembangunan rumah dinas Pendeta Resort dengan Kapolres Toba tampak suasananya sangat cair dan penuh kekeluargaan.

Tampak Kapolres Toba dalam kesempatan tersebut usai menerima surat undangan dan proposal yang diserahkan Pdt.Yoel Oppusunggu,S.Th selaku Pendeta Resort GKPI Narumonda didampingi Guru Jemaat yang juga sebagai Ketua panitia pembangunan berbincang dengan suasana penuh keakraban sembari menikmati secangkir kopi.

Kapolres Toba AKBP.Taufiq Hidayat Thayeb dengan sikap kepemimpinannya yang merakyat dan sangat mengayomi menerima dan berbincang dengan Pendeta Yoel dan rombongannya terlihat tidak ada jarak pemisah yang walaupun berbeda kepercayaan.

Namun AKBP.Taufiq Hidayat Thayeb tidak menunjukkan atau mengedepankan posisi jabatannya sebagai orang nomor 1 di Polres Toba, tetapi lebih mengedepankan hubungan kedekatan kekeluargaan dan sikap persaudaraan dalam berbagai perbedaan masing masing serta mengutamakan hubungan komunikasi kekeluargaan yang penuh keakrapan dengan mengedepankan sikap kepemimpinan yang mengayomi dan merakyat.

Dalam kesempatan tersebut Kapolres Toba menyampaikan harapannya terkait dukungan dan peran serta Gereja dalam upaya pembinaan sikap, mental  dan Moral setiap jemaat sebagaimana peran utama Gereja dalam hal pembinaan keimanan dan kerohanian Kekristenan pada setiap jemaatnya.

Hal ini disampaikan Kapolres Toba mengingat beberapa kejadian peristiwa pelecehan seksual yang terjadi di Kab.Toba terhadap anak di bawah umur dan peristiwa ini ada yang terjadi antara keluarga dekat bahkan didalam keluarga itu sendiri antara bapak dan anak.

Padahal bila ditelisik dari sikap adat dan budaya Batak Toba sangatlah memiliki nilai adat yang tinggi dan sangat religius.bila ditilik dari ke religiusan adat budaya Batak tersebut tidaklah akan terjadi peristiwa memalukan ini di tengah tengah masyarakat dan keluarga. Tentunya semua itu terhindari bila memang benar - benar dipahami dan dihayati dengan pemikiran yang religius juga, sebagaimana tatanan adat budaya Batak Toba yang telah digariskan secara turun temurun dan hingga saat ini masih tetap lestari dan dilaksanakan dalam setiap kehidupan sosial bermasyarakat sehari hari di Toba, sebut AKBP.Tafiq Hidayat Thayeb.

Namun tatanan adat ini seakan sirna diiengaruhi zaman diera tehnologi canggih saat ini dengan berbagai vasilitas media sosial internet. Di mana sebahagian warga terkesan hilang kontrol dalam menggunakan berbagai fasilitas media sosial yang mengakibatkan efek buruk bagi dirinya dan warga lainnya hingga terjadi pelanggaran asusila berikut korban anak dibawah umur, ungkapnya.

Disampaikan perwira nomor satu di Mako Polres Toba pemangku Dua melati Emas di pundaknya ini menyebutkan, di era saat ini tentulah gereja sebagai sarana pembinaan iman dan kerohanian bagi para jemaatnya. Gereja juga memiliki peran strategis dan sangat penting dalam upaya pembinaan sikap, mental dan moral serta jiwa sosial warga masyarakat di setiap jemaat Gereja masing masing di Toba.

Dalam hal ini Polres Toba memiliki keyakinan akan peran serta GKPI Resort Narumonda ke depannya dalam upaya peningkatan kesadaran dan ketaatan serta kepedulian warga jemaat akan kepatuhan dan ketaatan warga jemaat akan hukum dan undang-undang yang berlaku di NKRI sebagaimana dengan kehadiran GKPI ditengah tengah warga jemaatnya.

"Saya akan hadir diacara peletakan batu pertama pembangunan rumah dinas pendeta Resort GKPI, Resort Narumonda dan nantinya sekaligus memberikan sedikit pencerahan dan sosialisasi kepada warga jemaat pemahaman tentang KDRT dan Perindungan Anak dan Perempuan," ujar Kapolres yang belum penuh 4 bulan memimpin di Mako Polres Toba ini.

Ia juga memuji dan mengucapkan rasa salutnya akan sikap dan toleransi antar umat beragama dalam perbedaannya di masyarakat Toba tetap terjaga dan terpelihara dengan baik. Di mana masyarakat Toba dalam berbagai perbedaan yang dimilikinya tetap saling melindungi dan saling menjaga serta tetap hidup rukun dengan berdampingan dalam berbagai tatanan kehidupan sosial adat dan budaya dilingkungan masing masing.

Kapolres Toba juga mengimbau pentingnya kesadaran dan kepedulian warga jemaat di Kabupaten Toba sebagai warga negara Indonesia yang baik dari berbagai sekte keagamaan kekristenan akan pelestarian alam di Toba dimana Danau Toba ditetapkan pemerintah Pusat menjadi salah satu destinasi super prioritas nasional menuju destinasi pariwisata go internasional.

Dengan program itu Danau Toba menjadi salah satu tujuan pariwisata Nasional di NKRI dan dunia internasional oleh karena keindahan alam yang dimiliki Danau Toba luar biasa indahnya, yang tentunya tidak dimiliki negara lain di dunia ini.

"Semuanya harus sama sama kita jaga dan lindungi dari berbagai tindakan pengrusakan alam. Ini harus kita syukuri dan kita jaga jangan sampai ada terjadi pengrusakan lingkungan khususnya di tepian Danau Toba. Karena Danau Toba ini dengan keindahan panorama alamnya merupakan sebuah Kepingan Surga dan berkat bagi seluruh masyarakat sekawasan Danau Toba khususnya bagi Warga Kabupaten Toba yang menjanjikan peningkatan ekonomi masyarakat di masa depan dari sektor dunia kepariwisataan," ujar AKBP.Thayeb.

Sementara Pdt.Yoel Oppusunggu,S.Th menyampaikan, terima kasih atas respon dan sambutan hangat Kapolres Toba yang telah menerima kehadirannya bersama panitia Pembangunan Rumah dinas Pendeta Resort GKPI Narumonda dengan penuh suasana keakraban dan rasa kekeluargaan.

Diakui guru jemaat St.Gr Hotlen Marpaung kepada bertemu dengan Kapolres Toba AKBP.Taufiq Hidayat Thayeb,S.H, S.I.K serasa antara ayah dengan anak ditengah keluarga.rasanya terayomi dan tidak membuat jarak dengan posisi jabatan yang dimilikinya.kami jemaat GKPI Resort Narumonda sangat berharap di kehadiran bapak Kapolres di acara nantinya.sebut St.Gr.Hotlen Marpaung.