TAPUT - Pasca terjadinya gempa bumi di kabupaten Tapanuli Utara - Sumut, bantuan dari berbagai instansi pemerintahan, perusahaan swasta dan pribadi terus berdatangan. Sekretaris Posko Volmer M Silalahi kepada www.gosumut.com Senin, (10/10/2022) mengatakan sesuai data Posko tanggap Gempa Tapanuli Utara hingga saat ini sudah tercatat sebanyak 57 truk banntuan sosial dari Mako Polda Sumut dan jajaran.
 
Untuk bantuan kemanusian dari Polda Sumut berupa bahan material bangunan. Bantuan kemanusiaan dari Polda Sumut ini untuk perbaikan rumah warga yang saat ini mengalami kerusakan.
 
Sebelumnya lanjutnya, Polda sumut dan jajaran telah mengirimkan 12 truk sembako serta menurunkan 295 personilnya untuk mendukung dan membantu program penyelamatan dan upaya pemulihan pasca gempabumi terjadi. 
 
Kapolres Tapanuli Utara AKBP.Johanson Sianturi S.I.K. S.H dalam keterangan persnya membenarkan, bantuan dari Polda Sumut dan jajaran terus mengalir hingga hari ini Senin,(10/10/2022) dan saat ini sedang melakukan proses pembongkaran sekaligus untuk pendataan.
 
Dengan bantuan Kemanusiaan yang dikirimkan dari Polda Sit dan jajaran kita berharap bantuanbisa membantu dan meringankan beban masyarakat Taput yang menjadi korban gempabumi.
 
Sebelumnya, Kapolres Tapanuli Utara AKBP.Johanson Sianturi bersama Bupati Nikson Nababan dan unsur Forkopimda Taput lainnya melepas rombongan petugas penyaluran bantuan Ribuan zak semen serta dinasi bantuan uang tunai dalam upaya dana bantuan perbaikan rumah warga yang mengalami kerusakan.
 
Volmer juga menyebutkan, sejumlah bantuan Kemanusiaan yang diterima dan dikumpulkan di Posko Gempa Tapanuli Utara sebelumnya sudah banyak yang disalurkan, beberapa bantuan yang terus mengalir datang akan dibagikan sesuai dengan kebutuhan untuk seluruh korban yang mengalami kerusakan rumah sesuai pendataan kepala desa, Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas yang telah diverifikasi dan divalidasi tim Posko.