TOBA - Peristiwa kebakaran yang menghanguskan satu unit rumah warga di Dusun II Kampung Sianipar desa Dolok Jior Kecamatan Sigumpar Kab.Toba Senin, (3/10/2022) mendapat respon dari Bupati Toba, Ir. Poltak Sitorus. Kepada daerah ini menyempatkan waktunya mengunjungi korban kebakaran di malam harinya pukul 19.00 Wib.

Sebagaimana diketahui korban kebakaran tersebut Rano Siregar (38) yang menempati dan menyewa rumah tersebut bersama istri dan anak anaknya.

Kehadiran Bupati Poltak Sitorus dan rombongan untuk menyerahkan bantuan sembako guna meringankan beban korban.

Sebelum menyerahkan bantuan, Bupati Poltak Sitorus menyampaikan ucapan rasa prihatinnya yang mendalam yang juga turut merasakan keadaan yang menimpa korban dan keluarga atas musibah kebakaran yang terjadi.

"Memang kejadian ini sangat berat, kami dari pemerintah Kabupaten Toba turut merasakan penderitaan yang dialami korban dan keluarga saat ini.dikesempatan ini kami hadir untuk membantu korban sebisa yang akan kami perbuat untuk membantu meringankan beban penderitaan saudara. Diatas itu semuanya hanya Tuhan lah yang punya kepastian dalam memberikan pertolongan kepada setiap umatnya," ujarnya.

Poltak Sitorus meminta korban dan keluarga agar jangan terlalu larut dalam kesedihan atas kejadian yang menimpa.

"Tetaplah tegar seperti Ayub yang diberkati, setelah Ayub menerima dan mengalami berbagai cobaan dan beban penderitaan dalam hidupnya, dengan waktu yang tepat sesuai kehendak Tuhan semua yang telah hilang sebelumnya di kembalikan oleh Tuhan dengan berlipat kali ganda," pesan Poltak meneguhkan hati dan keimanan korban beserta seluruh keluarganya.

Usai memberikan kata penghiburan dan doa syukur, Poltak Sitorus didampingi Asisten Pemerintahan Eston Sihotang, Plt Kadis Sosial Sudirman Sirait bersama beberapa staf Dinas Sosial menyerahkan bantuan sembako kepada korban berupa beras dan kebutuhan pokok lainnya.

Ia juga menyerahkan bantuan perlengkapan tidur serta beberapa material bangunan untuk membantu mendirikan bangunan yang sudah hangus dilalap api.

Melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Toba, untuk penampungan sementara seluruh keluarga korban kebakaran yang rumahnya telah hangus, didirikan tenda darurat sebagai penampungan sementara, menunggu rumah korban bisa didirikan kembali dengan material bangunan yang telah diberikan.

Kepala desa Dolok Jior Mangarerak Siregar mewakili warganya korban kebakaran mengucapkan terima kasih atas kunjungan dan bantuan yang diberikan Bupati Toba dan jajarannya.