PALAS - Pancasila teruji kesaktiannya mempersatukan bangsa indonesia dari berbagai suku, bahasa, agama dari beragam pulau yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sesuai tema "Bangkit Bergerak Bersama Pancasila" memaknai tugas generasi bangsa untuk memiliki tugas merawat dan menjaga Pancasila.

Hal itu disampaikan, Kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN)1 Palas Plus Keterampilan dan Riset,Hj Mahnidar Azwarni Nasution S.Ag  menanggapi makna dari Peringatan Hari Kesaktian Pancasila.

Menurut Mahnidar, usaha untuk merongrong negara dan mengganggu Pancasila oleh gerakan G.30 S.PKI menjadi ideologis komunis atas upaya para pahlawan revolusi dan izin Allah SWT upaya tersebut dapat digagalkan.

"Pancasila adalah dasar negara, jiwa bangsa, falsafah hidup, pemersatu bangsa Indonesia.Karena Pancasila terbentuk hasil rumusan para tokoh negara," terangnya, Selasa (4/10/2022).

Ia menjelaskan, tidak satu pun dari butir Pancasila yang  bertentangan dengan agama.

Oleh karena itu lanjutnya, tugas kalian semua sebagai generasi muda memiliki tugas merawat dan menjaga Pancasila. Sehingga Indonesia menjadi negara yang maju dan makmur sesuai semboyan  peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang bertemakan 

“Bangkit Bergerak Bersama Pancasila,".

Bangkit bergerak bersama Pancasila dapat di  implementasi nilai-nilai luhur Pancasila adalah dasar negara kesatuan Republik Indonesia (RI).

"Mari kita bulat tekad mempertahankan dan mengamalakan nilai-nilai Pancasila ssbagai dasar negara," pesannya kepada peserta didik untuk selalu mengahayati pemahaman dari Pancasila.