TAPUT - Tim gabungan tanggap bencana Polda Sumut melaksanakan kegiatan pembersihaan puing-puing bangunan rumah ibadah Gereja GPDI dan rumah warga di Dusun Sigurung Gurung, Desa Lobu Sunut, Kec. Parmonangan, Kab. Tapanuli utara, Senin (03/10).

 
Kabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi melalui Kasi Humas Polres Taput Aiptu W Baringbing dalam keterangannya kepada Gosumut menyampaikan, kegiatan yang digelar adalah bentuk kepedulian Polri membantu masyarakat yang terdampak pasca bencana gempa bumi terjadi Sabtu subuh (01/10/2022) lalu.

"Pelaksanaan pembersihan yang dilakukan tim gabungan Polda Sumut turut dibantu personil dari Polres Taput supaya para warga merasa nyaman dan dapat menjalankan aktivitasnya kembali seperti sedia kala," sebut Aiptu W Baringbing.

Sebelumnya Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi kepada awak media menyampaikan, sesuai rencana dan program dari Polda Sumut tim gabungan akan terus bahu membahu membantu masyarakat sekitar untuk membersihkan puing-puing runtuhan bangunan pasca gempa bumi

"Selama di Taput, personil akan terus membantu masyarakat dalam membersihkan puing-puing bangunan yang rusak akibat terdampak gempa," demikian Kabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi.

Sebagaimana diketahui, gempa bumi berkekuatan 6,0 SR pada Sabtu Subuh, (01/10/2022) telah mengguncang Kab. Tapanuli Utara (Taput). Akibat dampak yang ditimbulkan oleh guncangan gempa bumi tersebut mengakibatkan Ratusan rimah warga, fasilitas pemerintah dan beberapa rumah ibadah rubuh.

Pasca gempa bumi tersebut Polda Sumut terus memberikan dukungan, baik berupa tenaga maupun bantuan sosial untuk membantu dan meringankan beban para warga masyarakat yang tertimpa dan terdampak oleh bencana gempa bumi tersebut.