TAPUT - Gempa bumi berkekuatan 6,0 SR yang mengguncang Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) menyisakan duka bagi warga Tapanuli Utara seperti di Desa Hutauruk Parjulu Kecamatan Sipoholon Kabupaten Taput. Hutauruk akibat guncangan gempa ada yang runtuh dan lantai retak menganga demikian juga pada bagian dinding mengalami retakan hampir roboh serta bagian asbes dan atap ada yang hampir roboh berikut konstruksi tanah pada bagian lantai rumah naik bergelombang hingga retak menganga.

Seperti bangunan rumah milik Abdul Situmeang (57) mengalami pada bagian dinding dapur rumahnya roboh berikut lantai rumah dan dapur yang roboh retak menganga serta barang barang dirumahnya berserakan berantakan akibat kuatnya goncangan gempa bumi, Sabtu (1/10/2022) dini hari.

Dikisahkan Abdul, pada malam kejadian gempa bumi terjadi kami sekeluarga sedang tertidur pulas, tidak ada firasat akan terjadi bencana itu.begitu terasa ada goncangan dan rumah berderak derak serasa mau roboh dan seluruh bangunan rumah bergoncang kuat, langsung terbangun serta membangunkan seisi rumah yang masih sedang tertidur lelap di kamar masing masing.

"Begitu terbangun kami semua berlarian keluar menuju halaman depan rumah menghindari atap dan bangunan rumah akan roboh, dan ternyata beberapa detik kemudian dinding dapur di sisi Kanan dan Kiri runtuh berikut dinding beton belakang hampir rubuh dan kondisinya saat ini sudah miring hampir tumbang," kisah Abdul kepada Gosumut.com dengan wajah masih pucat dan ketakutan.

Akibatnya warga keluar dari dalam rumah masing masing dan berkumpul di halamannya.
Warga ada berlindung di tepi jalan raya dengan mendirikan tenda sebagai tempat mengungsi sementara di dekat rumah guna menghindari bencana gempa bumi susulan akan terjadi.


"Dalam peristiwa ini kami sekelurga dan beberapa warga lainnya tidak ada mengalami korban luka, hanya anak saya yang perempuan paling bungsu yang masih duduk dibangku Kelas V SD akibat kejadian tadi malam jadi trauma hingga ketakutan masuk ke dalam rumah," sambungnya lagi.

Padahal hari ini 1 Oktober 2022 tambahnya, anak perempuannya ulang tahun ke 10 tahun di 2022 ini. "Akibatnya kami tak bisa lagi merayakannya karena rumah sudah rusak akibat goncangan gempa bumi dari pagi hingga sore putri bungsu saya kebanyakan termenung, seperti meratapi nasibnya yang tak bisa merayakan ulang tahunnya karena bencana gempa bumi yang terjadi," ujqr Abdul dengan perasaan sedih sembari menitikkan air mata.

Berdekatan dengan rumah Abdul satu unit rumah gedung Akibat goncangan gempa tersebut rumah milik Hermina Sihombing (58) mengalami pada beberapa titik di bagian tembok rumah mengalami retak dan pecah berikut lantai pecah dan ada bagian lantai yang turun dan konstruksi tanah ada yang naik keatas serta seisi rumah berantakan.

Selain itu, ada juga satu unit bangunan permanen roboh mulai dari dinding dan temboknya hingga atap roboh hancur ketanah namun tidak ada menelan korban jiwa.