TOBA - Gempa bumi yang menguncang Tapanuli Utara Sabtu (1/10/2022) dini hari mengakibatkan beberapa sarana prasana di lokasi wisata Salib Kasih di Desa Simorangkir Julu Kecamatan Siatas Baruta. Pantauan www.gosumut.com tepat dibawah patung salib kasih berdiri, juga mengalami longsor dan menutupi akses jalan masuk menuju lokasi wisata setinggi 10 meter dengan panjang sekira 50 meter.
 
Sejumlah tiang listrik, di sekitaran lokasi wisata juga tumbang. Bahkan menyebabkan jaringan arus listrik ke lokasi terputus, serta di beberapa titik lokasi juga mengalami jalan retak.
 
Gunung yang longsor hingga menutupi akses jalan dengan total menuju lokasi wisata tepatnya pada tepian lahan parkiran lokasi wisata Salib Kasih. tanah gunung dibawah Salib Kasih dengan debit ratusan kubik menutupi dengan total jalan dibawahnya. Di mana jalan tersebut adalah sebagai salah satu akses jalan utama menuju lokasi wisata sepanjang 50 meter.
 
Akibat putusnya jalan membuat warga sekitar dan para wisatawan tidak bisa keluar masuk menuju ke loksi. ntuk warga sekitar dan para pelaku wisata di seputaran lokasi wisata salib kasih untuk akses keluar masuk mencari akses jalan setapak di bawah lereng bukit salib kasih.
 
Terkait kondisi patung salib kasih saat ini, dalam pantauan www.gosumut.com dan pengakuan warga sekitar terpantau patung salib masih berdiri dengan baik dan aman dan tidak ada mengalami gangguan atau kerusakan lain akibat goncangan gempa selain hanya lahan parkiran yang longsor dan di beberapa titik lokasi parkir mengalami retakan.
 
 
Salah seoorang perugas UPTD Salib Kasih Sahat Panggabean saat dikonformiasi menjelaskan, sarana di lokasi wisata salib kasih yang mengalami kerusakan hanya pada bagian lapangan parkir. Dengan kondisi retak hingga mengalami longsor hampir seperempat dari bagian lokasi fisik lahan parkir. Rusaknya lahan parkir karena longsor dan menutupi jalan utama menuju lokasi wisata saat ini.
 
 
Longsoran longsoran tanah gunung  ratusan kubik mengakibatkan jalan menuju lokasi wisata salib kasih di Satasi Barita tertutup hingga putus total.
 
Kepala UPT Salib Kasih Managam Panggabean kepada www.gosumut.com mengatakan dalam pembersihan material tanah longsoran Pemkab Taput melalui Dinas PUTR menurunkan 2 unit alat berat bekoloder.
 
Pantauan dilokasi kejadian satu unit bekoloder sedang bekerja mengeruk tanah longsoran gunung dan mengepakuasinya ke sebelah kiri jalan arah menuju lokasi wisata salib kasih
 
Turut hadir di lokasi kejadian melakukan pengawasan dan pengamanan mulai dari pagi pigak Sat Lantas Polres Taput dibantu personil dari Babinsa Koramil 22 TU Tarutung Sertu Hariadi.