PALAS -Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Padanglawas menggelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Sabtu (1/10/2022) di lapangan halaman madrasah tersebut.
 

Bertindak sebagai pembina upacara, Kepala MTsN 1 Palas, Hj Mahyarni Junida Nasution S.Pd.MA selaku Kepala MTsN 1 dengan tema "Bangkit Bergerak Bersama Pancasila".

Upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila dihadiri oleh seluruh dewan guru dan peserta didik untuk mengenang kembali sejarah dalam mempertahankan ideologi bangsa.

"Jadikan momentum peringatan Hari Kesaktian Pancasila sebagai wujud penghormatan terhadap jasa para Pahlawan Revolusi," kata Kepala MTsN 1 Palas, usai upacara bersama dewan guru dan peserta didik.

Dikatakan, apalagi penetapan Hari Kesaktian Pancasila ini sangat erat kaitannya dengan peristiwa Gerakan 30 September/Partai Komunis Indonesia atau G30S/PKI.

"Peristiwa pemberontakan tersebut, telah menyebabkan 6 perwira tinggi dan 1 perwira menengah TNI AD gugur," terangnya.

Kata Mahyarni, tepat hari ini, 1 Oktober adalah hari bersejarah bagi bangsa kita. Di mana kesedihan tergores di relung hati bangsa kita yang kehilangan putra-putra terbaik bangsa dengan cara yang tidak manusiawi oleh oknum-oknum keji pada masa itu.

"Para putra terbaik bangsa yang menyerahkan seluruh hayatnya demi mempertahankan kemerdekaan bangsa kita," tambahnya.

Catatan sejarah kelam yang tidak mungkin dapat hilang dari sanubari dan pikiran kita saat ini, kata Mahyarni, mengenang gugur para pahlawan revolusi yang mempertahankan ideologi bangsa.

Ia mengajak, seluruh guru dan peserta didik untuk bersama mengenang pengorbanan Pahlawan Revolusi Bangsa dan menjadikannya semangat didalam diri masing-masing untuk terus berbuat lebih terhadap bangsa.