PALAS - Plt Bupati Padanglawas (Palas), drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM MSi menyerahkan bantuan bahan rumah (BBR) ke para korban banjir bandang di Kecamatan Batang Lubu Sutam dari Kementerian Sosial RI. Penyerahan BBR berlangsung dihalaman  kantor Pemrintah  Desa Tamiang, Kecamatan Batang Lubu Sutam, Selasa (27/9/22) dihadiri sejumlah pejabat eselon II jajaran Pemkab Palas.
 
Pasca bencana banjir bandang di Kecamatan  Batang Lubu Sutam yang terjadi  1 Januari 2022 lalu. Kini atas upaya pemerintah daerah, para korban bencana mendapat bantuan BBR dari Kemensos RI yang hari ini telah terealisasikan, kata Plt Bupati mengawali sambutannya dihadapan warga korban bencana banjir bandang.
 
"Diharapkan bantuan BBR  ini dapat dipergunakan dengan baik dalam pembangunan rumah yang dulunya hancur karena bencana banjir bandang," terangnya.
 
Kata Plt Bupati, bantuan yang diberikan sekitar 70%, karena kita mesti lihat proses pembangunan nya terlebih dahulu, dan setelah prosesnya berjalan, pemberian selanjutnya yang 30% akan diberikan kembali.
 
"Kita patut  berterimakasih kepada Kemensos RI, anggota DPR RI Komisi VIII Fraksi PKS, H Iskan Qolba Lubis yang sudah membantu dalam upaya terealisasinya  bantuan BBR ini kepada korban bencana di Kabupaten Palas," ungkap H.Ahmad Zarnawi.
 
Sebelumnya Kepala Dinas Sosial H. Achmad Fauzan Nasution SHI.M.Pdi mengatakan, penerima BBR ini sebanyak 122 Kartu Keluarga (KK) kategori rusak berat.
 
Dikatakan, pembagian BBR  kepada masyarakat enam Desa yaitu mulai dari  Desa Tanjung Baru, Desa Tamiang, Desa Tanjung Barani, Desa Manggis, Desa Siagam, Desa Hutabaru,Kecamatan Batang Lubu Sutam.
 
"Jumlah bantuan BBR ini senilai  Rp2.593.000.000 miliar  yang akan dibagikan ke masyarakat enam  desa dengan  total penerima bantuan BBR Kemensos RI ini sebanyak 122 KK," terangnya.
 
Ia menambahkan,pembagian BBR kepada 122 KK jumlanya bervariasi mulai dari Rp15 juta, Rp 17 juta, Rp 20 juta serta Rp25 juta.
 
Dalam pelaksanaan pembagian BBR ini, pihak Dinas Sosial Palas dibantu pihak Bank Mandiri dalam membagikan bantuan kepada warga penerima
 
Tampak hadir dikegiatan tersebut, Asisten 1 bidang Peerintahan dan Pembangunan  H. Panguhum Nasution MAP, Inspektur Harjusli Fahri Siregar SSTP.MSi, Kasatpol PP dan Damkar,Agus Saleh Saputra Daulay SH, Kaban BPBD Palas, H. Amit Hadi Nasution.