LHOKSEUMAWE – Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Dan Lanal) Lhokseumawe Kol.Marinir Dian Suryansyah, Kamis (15/9/2022) menyampaikan keberhasilan TNI AL menggagalkan sabu-sabu yang akan diselundupkan ke Aceh seberat 23,98 kg. Sabu seberat 23,98 kg jika dikonversi dengan nilai uang, ada sekitar Rp16,7 miliar. "Angka sangat pantastis, dan Alhamdulillah tim dari TNI AL Lhokseumawe telah berhasil menggagalkan sebesar 23,98 kg sabu-sabu yang akan diselundupkan ke Aceh, jika dikonversi dengan uang, maka sebesar Rp 16,7 miliar uang bisa terselamatkan dengan asumsi per – kilo sebesar Rp 700 juta,” ungkap Dan Lanal Lhokseumawe Kol Marinir Dian Suryansyah, Kamis (15/9/2022) di Mako Lanal Lhokseumawe.
 
Keberhasilan TNI AL Lhokseumawe menggagalkan penyelundupan sabu-sabu ke Aceh Utara, diawali informasi intelijen, bahwa tanggal 13 September 2022, ada informasi sabu akan diselundupkan ke Aceh Utara.Tim Intel langsung menindaklanjuti informasi itu tentang area penyembunyian barang haram itu di Desa Luuk Puuk, Kecamatan Seuneddon Aceh Utara.
 
Setelah informasi jelas, Lanal Lhokseumawe menggunakan Seahunter bergerak menuju Desa Lhok Puuk Kecamatan Seuneddon untuk menyisir dan mengamankan lokasi, ternyata ditemukan satu karung berwarna putih yangh diduga berisi narkoba jenis sabu-sabu. Langsung dilakukan pengecekan dan penghitungan dan turut dihadirkan Kepala Desa serta Panglima Laot bersama Dan Lanal Lhokseumawe.  
 
Tepat pada Rabu (14/9/2022) sekitar pukul 01.30 WIB, Lanal Lhokseumawe dengan menggunakan Seahunter ke Pelabuhan Umum Krueng Geukeuh dengan membawa 22 bungkus barang bukti dan langsung diamankan ke Mako Lanal Lhokseumawe.
 
Sekitar pukul 17.10 WIB, selanjutnya dilakukan pengecekan  barang bukti, ternyata benar barang bukti itu adalah narkoba jenis sabu-sabu setelah dilakukan pengecekan oleh pihak BNN Kabupaten Bireuen yang disaksikan oleh Dan Lanal Lhokseumawe bertempat di Mako Lanal Lhokseumawe.
 
“TNI AL berkomitmen akan mendukung penuh pemerintah dalam upaya memerangi narkoba dan memberantas peredaran narkoba. Komitmen ini juga arahan dan instruksi dari Bapak Kasal Laksamana TNI Yudo Margono dan Panglima Koarmada I, sebagai bentuk seriusan TNI AL sebagai penegak hokum dilaut yang sangat konsen dalam rangka pemberantasan peredaran narkoba melalui laut terutama diwilayah kerja Lanal Lhokseumawe,” ungkap Dian Suryansyah.
 
Selanjutnya Lanal Lhokseumawe akan berkoordinasi dengan BNN Kota Lhokseumawe untuk melaksanakan pemusnahan barang haram tersebut.