TOBA -Ketua DPR RI, Puan Maharani dan rombongannya hadir di Kabupaten Toba Jumat, (02/09/2022) untuk melakukan kunjungan kerja.dalam kunjungan kerjanya di Kabupaten Toba Puan melakukan penaburan benih padi dan tanam jagung di desa Baruara, Kec.Balige, Kab Toba, Jumat (2/9/2022).
 
Penaburan benih dan penanam bibit jagung oleh Puan sebagai tanda diresmikannya di Kabuoaten Toba program 2 kali tanam 2 kali panen oleh pemerintah Kabupaten Toba bertujuan untuk meningkatkan hasil produksi pertanaman padi sawah bagi masyarakat Toba.

Dikehadiarannya Puan di Kabupaten Toba melakukan dialog langsung dengan masyarakat petani desa Baeuara Tambunan Kecamatan Balige.

Dalam kesempatan itu Puan menerima berbagai keluhan keluhanndari masyarakat oetani diantaranya warga menyampaikan minimnya alat-alat pertanian seperti hand traktor, mesin tanam jagung, mesin pemipil jagung berikut sulitnya untuk mendapatkan pupuk bersubsidi serta minimnya bantuan benih unggul.

Warga petani dalam permohonan dan harapannya mereka menyampaikan, pemerintah dapat mengontrol harga hasil tani padi pasca panen, sehingga harga tidak anjlok dan petani tidak terlalu merugi jika dibandingkan dengan biaya pengolahan sawah dan perawatan padi selama musim tanam.

Dalam sambutannya Puan mengatakan mers miris melihat para warga petani yang menanam jagung masih dengan cara manual, Puan mengaku miris melihat pola tanam yang dilakukan warga Toba.

Dalam kesempatan tersebut Puan berjanji akan membantu pengadaan Alsintan bagi warga petani untuk mempermudah petani Toba dalam upaya pengolahan lahan persawahan untuk mempermudah serta mempercepat proses pekerjaannya.

Di akui Puan "Jujur baru kali ini saya menanam jagung dengan cara manual.dulu saya dan Pak Presiden Joko Widodo pernah melakukan menanam jagung, tapi sudah mengunakan alat,tidak lagi dengan cara manual seperti saat ini yang kita lakukan.tadi disaat melakukan tanam jagung rasanya sampai sakit pinggang.ucap Puan.

Disampaiakan Puan, saya berjanji akan berusaha mengirimkan alsintan ke Toba, yang nantinya bisa digunakan oleh para warga petani untuk mempermudah dan mempercepat penanaman dan pengolah lahan pertanian demi meningkatkan hasil produksi.tapi itu masih butuh waktu ya, karena harus ditampung dulu anggarannya.saya harap amang, inang, eda dan ito agar bersabar menunggu," ujar Puan.

Dengan bibit padi yang telah ditaburnya berikut bibit jagung yang ditanamnya, Puan berpesan dan meminta kepada warga petani agar benih yang ditabur dan jagung yang ditanam hari ini dirawat supaya dapat tumbuh dengan baik dan memberikan hasil yang melimpah serta memuaskan.

Puan berjanji akan datang kembali tahun depan untuk melihat langsung hasil panen warga di lokasi yang sama.

Bupati Toba, Poltak Sitorus dalam kesempatan tersebut menyerahkan profosal permohonan bantuan pembangunan Kabupaten Toba kepada Puan Maharani. Poltak berharap agar profosal yang berisi usulan perbaikan infrastruktur jalan, pengadaan alsintan, penambahan pupuk bersubsidi dan bantuan lainnya dapat direalisasikan.

Kadis Pertanian Toba, Togap Halomoan Sitorus kepada awak media menyampaikan "untuk benih padi yang ditabur Puan adalah benih padi unggul Inbrida Varietas Mekongga dan benih jagung yang ditanam benih jagung hibrida jenis P32.

Dijelaskan Togap, Jenis padi ini berusia 100 hari mulai dari persemaian, penanaman hingga masa panen tiba, dengan potensi produksi antara 8-10 ton per hektar.jika dilakukan metode pertanaman yang baik dan benar sesuai aturan pola tanam dan perawatan pemeliharaannya, maka potensi produksi panennya antara 8-10 ton per hektare.

Untuk benih padi Inbrida Varietas Mekongga yang ada saat ini adalah sumbangan bantuan ibu Puan dan Pak Sihar Sitorus sebanyak 5 ton, dan kita rencanakan akan dibagikan kepada warga yang mau bertanam dua kali," tutur Tohap.

Lebih lanjut disampaikan Tohap Benih padi sebanyak 5 ton yang disumbangkan ibu Puan bersama Sihar Sitorus Anggota DPR RI dari Partai PDI Perjuangan, akan dibagikan tidak hanya di Desa Baruara saja, juga akan dibagikan ke beberapa desa dibeberapa Kecamatan SE Kabuoaten Toba yang warganya mau melaksanakan bertanam 2 kali.tutur Togap.

Turut hadir bersama Puan Maharani Ketua DPR RI dalam kegiatan menabur bibit padi dan bertanam bibit jagung didampingi beberapa Anggota DPR RI dari fraksi PDI Perjuangan, Ketua DPD PDIP Sumut Rapidin Simbolon, Wakil Ketua Sarma Hutajulu serta para jajaran pengurus DPC PDIP Kabupaten Toba yang di ikuti dan dihadiri Ratusan warga Kabupaten Toba.