TOBA- Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Toba bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Toba menggelar dialog 
thema 'Penguatan moderasi beragama', Rabu (31/8/202).
Dialog ini dinilai perlu agar sesama umat beragama untuk lebih memahami dan memaknai perbedaan. Karena perbedaan itu bukan berarti jadi pemisah dan mengakibatkan permusuhan.
 
Kegiatan ini menghadirkan narasumber Kepala Kantor Kementerian Agama di Kabupaten Toba Wanton Naibaho.
 
Bupati Toba Poltak Sitorus dalam sambutannya, sebagaimana  yang telah disampaikan Menteri Agama RI saat melakukan kunjungan kerjanya di Toba dibeberapa waktu lalu menyampaikan " bapak Menteri agama sangat mengapresiasi akan kerukunan antar umat beragama di di Kabupaten Toba.dimana seiring waktu berjalan tetap terjaga dan kondusif serta saling menghormati dan menghargai antar sesama dalam berbagai perbedaan yang dimiliki oleh tanah Batak Tob.bahkan oleh pak Menteri Agama direncanakan akan ada lagi kunjungan kedua kalinya.imbuh Poltak.
 
 
"Tema dialog ini adalah penguatan moderasi beragama di mana berbicara tentang moderasi beragama adalah cara pandang kita dalam beragama secara moderat yakni dapat memahami dan mengamalkan ajaran agama dengan tidak ekstrem yang mengakibatkan radikalisme ajaran kebencian," katanya.
 
Lanjutnya, dalam komitmen kebangsaan, semua harus menerima prinsip berbangsa dan bernegara yang harmonis walaupun kita berbeda agama suku, Ras dan budaya tetapi kita harus tetap bersatu berlandaskan Pancasila, Bhineka Tunggal Ika dan UUD 1945 dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang di dalamnya harus kita ikat dengan toleransi dan semangat persatuan menghindari berbagai tindakan dan perbuatan kekerasan.
 
Poltak juga menambahkan pemerintah tidak dapat bekerja sendiri tetapi harus bekerja sama dengan dengan semua pihak termasuk para pemuka agama, FKUB.
 
Poltak bermohon melalui mereka dan semua yang hadir dalam Dialog agar mensosialisasikannya kepada seluruh jemaat atau umat berbagai aliran Agama yang ada di Toba serta mensosialisikan gerakan pembangunan pemerintah Toba tanam dua kali panen dua kali, menggalakkan gotong royong, menjaga kebersihan lingkungan dan sikap Batak Naraja.
 
 
Mengenai kerukunan kehidupan beragama di Toba salah satu peserta mewakili umat Muslim Toba H.Imran Napitupulu mengutip ucapan Menteri Agama RI menyampaikan "Tanah Toba Cerminan Kerukunan Umat beragama di Indonesia."
 
Pdt Halomoan Marpaung dalam usulnya menyampaikan, peserta forum FKUB untuk ke depannya harus bisa membuat berbagai terobosan baru dengan melanjutkan kegiatan untuk meningkatkan kemesraan dan keharmonisan antara umat beragama di Toba bisa melakukan pesiar naik kapal di Danau Toba.
 
Turut hadir Ketua FKUB Kabupaten Toba A.S Pangaribuan, Kepala Kantor Kesbang Toba J.Broztito Sianipar, Kapolsek Balige AKP Agus Salim Siagian, Danramil 17/Balige Kapt Inf.J. Sinaga.