MADINA - Sekolah Menengah Atas Negeri (SMA-N) 1 Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal memenangkan sejumlah perlombaan pada perayaan dirgahayu Hari Ulang Tahun (HUT) RI- 77. Lomba yang diikuti sisiwa SMA-N I Panyabungan tersebut termasuk perlombaan Futsal yang dimotori Radio Start FM SMANSA Excel, group binaan SMA-N I keluar sebagai pemenang juara I.
 
Seterusnya siswa SMA-N I, juga turut andil dalam pegelaran pawai karnaval yang diadakan pemerintah daerah Kabupaten Madina dalam penyambutan HUT RI-77.
 
SMA-N I meraih perolehan juara II pada pawai karnaval tersebut dalam berpakaian adat Mandailing dan Gordang Sembilan yang merupakan simbol daerah itu sendiri. Pada karnaval pakaian adat mandaling yang dibawakan siswa SMA-N I Panyabungan itu juga mengangkat tema " Patuaekkon dua sejoli tu tapian raya bangun" (Memandikan sepasang pengantin ke batang sungai untuk mendapatkan keberkahan).
 
Perlombaan untuk memeriahkan HUT RI-77, pada ajang begengsi juga diikuti sisiwa SMA-N I Panyabungan. Lomba cipta dan baca puisi yang digelar Cabang Dinas (Cabdis) Padang Sidimpuan.
 
Lomba cipta dan baca puisi tersebut diikuti dari siswa SMA/SMA se- Kota Madya Padang Sidimpuan, se - Kabupaten Tapanuli Selatan dan siswa SMA/SMK se- Kabupaten Mandailing Natal.
 
Pada lomba cipta dan baca puisi tersebut diselenggarakan di Kampus UMTS Padang Sidimpuan. Uniknya pada pelombaan ini, siswa pesrta yang membacakan puisi tersebut merupakan ciptaannya sendiri. Al-hasil Nurdiana Ulfa kelas sebelas Mipa I, siswa SMA-N I Panyabungan meraih juara harapan 3.
 
Kepala Sekolah SMA- I Panyabungan, Muhammad Nuh mengatakan apapun perolehan perestasi pada perlombaan dirgahayu RI-77 ini yang diraih siswa. Dia mengucapkan terimakasih.
 
"Bahkan untuk kedepannya pasti kita tahu akan ada kegiatan- kegiatan yang lebih menantang dan kita atas nama sekolah (SMA-N I Panyabungan) pasti kita mendukung," kata Kasek, Selasa (30/8/2022).
 
Selanjutnya, Nuh juga menyampaikan untuk program- program positif, sekolah tetap memberikan dukungan kepada siswa untuk terus berkarya, tapi dengan catatan.
 
Ia tidak memungkiri bahwa olahraga Futsal saat ini banyak digemari dari kalangan millenial. Sehingga SMANSA excel binaan SMA-N I Panyabungan mampu meraih perolehan juara.
 
"Tapi dengan koridor tidak mengganggu kegitan belajar dan tidak mengurangi semangat dia (siswa) untuk belajar, dan pada intinya dengan hasil karyanya bukan untuk dia harus unggul dibidang itu, namun anak-anak siswa ini bisa unggul di akademik sehingha dia bisa tampil pads pendidikan selanjutnya," imbuh Muhammad Nuh.