TOBA - Setelah 4 hari melakukan pencarian, akhirnya Tim Rescuer Pos SAR Parapat Danau Toba menemukan pria yang diduga kuat hanyut di Sungai Parhasioran Aek Sidoras Kecamatan Siborong-borong Kabupaten Tapanuli Utara, Selasa (30/8/2022). Kondisi medan yang terjal dan sempit serta sulit dijangkau kendaraan menjadi kendala utama bagi tim serta tidak dapat menurunkan perahu rafting untuk menyusuri sepanjang aliran sungai.
 
Sehingga akhirnya Tim SAR gabungan memutuskan melakukan pencarian dengan cara Scouting darat dengan melakukan penyisiran di sepanjang kiri dan kanan tepian aliran sungai menuju hilir dengan berjalan kaki.
 
Kepala Basarnas Medan, Budiono SE MM melalui Koordinator Pos SAR Parapat Danau Toba Hisar Turnip SE dalam siaran persnya menjelaskan selama pencarian dihari pertama (27/8/2022) yang dilakukan tidak membutuhkan hasil. Hingga akhirnya pagi ini Selasa, (30/8/2022) dilanjutkan dengan metode menyusuri kiri kanan aliran sungai dengan berjalan kaki di sepanjang tepian aliran sungai, semua kekuatan Tim SAR Gabungan yang terlibat bersama masyarakat setempat, pencarian membuahkan hasil, sekitar pukul 09.00 wib pagi, Tim SAR Gabungan berhasil menemukan korban.
 
Korban ditemukan di antara himpitan batu yang berada di dasar aliran sungai dengan kedalaman sekitar 20 meter yang berjarak sekitar 300 meter dari lokasi kejadian perkara/tenggelam.
 
"Sempitnya ruang yang dihimpit bebatuan alur sungai di sekitar penemuan mayat korban membuat Tim sangat kewalahan dilapangan.dengan waktu sekitar 1,5 Jam akhirnya Tim SAR Gabungan berhasil mengevakuasi korban dan langsung membawa jasadnya kerumah duka untuk selanjutnya diserahkan kepada pihak keluarga untuk pemakaman," jelasnya.
 
Ditambahkannya, sebelumnya Senin, (29/8) Personil siaga Pos SAR Parapat Danau Toba menerima informasi terkait adanya seorang pria hanyut di Sungai Parhasioran Kecamatan Siborong-borong, Tapanuli Utara.
 
Berdasarkan informasi yang diterima lanjutnya, kronologis kejadian bermula saat korban atas nama Johan Lumbantoruan (32) warga Desa Sigumbang Kecamatan Siborong-borong pergi ke ladang menggunakan sepeda motor pada Sabtu (27/08/2022) sore sekitar pukul 17.30 Wib.
 
Namun, hingga larut malam korban tak kunjung kembali ke rumahnya, hingga akhirnya pihak keluarga berusaha melakukan pencarian di sekitar lokasi. Namun saat dilakukan pencarian pihak keluarga hanya menemukan sepeda motor korban berada di Tepi Sungai yang berada di area Ladang korban.
 
Mendapati sepeda motor korban, keluarga menduga korban terjatuh ke sungai dan hanyut, hingga selanjutnya pada Senin (29/8/2022) pihak keluarga melaporkan kejadian tersebut ke BPBD Tapanuli Utara yang diteruskan ke Pos SAR Parapat Danau Toba.
 
"Kami mewakili Pimpinan dan keluarga besar Basarnas Medan mengucapkan turut berdukacita kepada keluarga yang ditinggal, semoga keluarga diberikan kekuatan dan almarhum diberikan tempat terbaik di Sisi Nya serta kami mengucapan terima kasih kepada semua unsur yang terlibat dalam upaya pencarian korban" Ucap Hisar.