DELI SERDANG - Pengabdian terhadap masyarakat berfungsi meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Pasca pandemi, pengabdian ini sangat dibutuhkan masyarakat yang terimbas wabah covid-19. Demikian salah satu nilai dari Pengabdian Masyarakat Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis (PPDGS) Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) USU, Sabtu (20/8/2022) di halaman Masjid Nurul Mukhlisin Desa Purwodadi, Kecamatan Sunggal Kabupaten Deliserdang.
 
Bekerjasama dengan IPERI Komda Medan, kegiatan itu turut dihadiri sesepuh IPERI Komda Medan drg Saidina Hamzah Dalimunthe Sp.Perio (K), Wakil Dekan III FKG USU Dr drg Wulandari S.Psi, Sp.Perio (K), Kepala Departemen Periodonsia FKG USU drg Irma Ervina Sp.Perio (K), Kepala Prodi Periodonsia FKG USU drg Aini Hariyani Nasution Sp.Perio (K) serta Kepala Puskesmas Mulyorejo drg Eva Lisna dan Ketua PDGI Deliserdang drg Dewi Rosita.
 
Kepala Departemen Periodonsia FKG USU drg Irma Ervina menyebutkan, periodonsia berkaitan dengan jaringan pendukung gigi. Di antaranya kesehatan gusi.
 
"Jadi kegiatan ini sangat penting bagi kita semua yang hadir. Karena nanti ada penyuluhan juga bagaimana mencegah dan pemeriksaan gigi dan mulut dilakukan kawan-kawan di sini," kata Wulandari. 
 
Di sisi lain, Kepala Puskesmas Mulyorejo drg Eva Lisna menegaskan kegiatan ini sebagai aksi jemput bola PPDGS Periodonsia FKG USU bersama IPERI Komda Medan. 
 
"Ini kami apresiasi sebagai aksi jemput kawan-kawan PPDGS Periodonsia dan IPERI Komda Medan. Dan saya nilai antusiasme warga kita di sini untuk mengikuti kegiatan ini cukup bagus," kata drg Eva Lisna. 
 
Sedangkan dalam sambutannya Ketua PDGI Cabang Deliserdang drg Dewi Rosita berharap kegiatan serupa bisa terus berlanjut.
 
"Kita juga berharap bisa dilakukan di kecamatan lain di Deliserdang. Karena masih banyak masyarakat yang belum tercerahkan mengenai pentingnya kesehatan gigi dan mulut," tegas Dewi Rosita. 
 
Sementara itu, Ketua Panitia Bakti Sosial Residen PPDGS FKG USU, drg Muhammad Irfan Siregar menyebut kali pertama kegiatan pengabdian masyarakat selama dua tahun pandemi.
 
"Ini kali pertama kita melakukan pengabdian masyarakat secara luring dalam dua tahun pandemi kemarin. Biasanya selama pandemi kemarin kita hanya bisa webinar," kata drg Irfan Siregar memulai kegiatan. 
 
Dikatakan Irfan, tema pengabdian masyarakat ini adalah Peningkatan dan Pemulihan Kesehatan Periodontal untuk Kualitas yang Lebih Baik.
 
"Hal ini bermakna niat kami untuk menyikapi kondisi masih pandemi ada di masyarakat untuk mendapatkan informasi dan pelayanan kesehatan terutama kesehatan dan mulut. Maka kami bergerak gigi menjembatani kebutuhan tersebut. Hal ini sesuai dengan tridarma perguruan tinggi yang salah satunya adalah melakukan pengabdian terhadap masyarakat khususnya di bidang Periodonsia," kata Irfan.
 
Selain penyuluhan periodonsia, diisi dengan pemeriksaan terbatas pada rongga mulut dan karang gigi dengan selalu mengikuti prosedur kesehatan situasi pandemi saat ini.
 
Peserta kegiatan ini diikuti 100 warga Desa Purwodadi, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang.
 
"Kami mendukung semua pihak yang mendukung kegiatan. IPERI Cabang Deliserdang, PDGI Cabang Deliserdang, sesepuh serta tokoh masyarakat Desa Purwodadi Sunggal Semoga apa yang kami berikan hari ini dapat bermanfaat, terutama dalam mendukung kesehatan rongga mulut di masa yang akan datang," tukas Irfan.