PALAS - Kirab Budaya warnai rangkaian semarak Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia (RI) di Kabupaten Padanglawas (Palas) di Trans Ujung Batu I, Kecamatan Hutaraja Tinggi. "Aksi  menampilkan budaya ini sebagai salam satu kelestarian budaya leluhur dan   menjaga kesatuan dan persatuan bangsa serta kebhinekaan tunggal ika," kata Camat HutarajaTinggi, Sudaryono SSos, Kamis (18/8/2022).

Dia mengatakan, moment perayaan HUT RI ke 77  ini menjadi langkah strategis untuk  mempererat kebersamaan, satu kesatuan bersama bagi seluruh elemen bangsa dalam upaya bangkit dari dampak pandemi Covid-19 yang selama dua tahun semua aktivitas sempat vakum dan terhambat.

"Kebersamaan terjalin dilingkungan dengan  baik,diharapkan ke depan harus lebih baik, agar perekonomian yang terdampak dari Covid-19 segera pulih kembali dan bangkit lebih kuat untuk kesejahteraan," ungkapnya.

Sebelumnya Kepala Desa Ujung Batu I, Hasan Basri mengatakan penampilan kirab budaya nusantara pada Upacara HUT RI ini sebagai salah satu upaya melestarikan budaya agar tidak tergerus oleh perkembangan kemajuan perubahan zaman yang semakin canggih.

"Warga rela berpatisipasi untuk tampil di kegiatan kirab budaya di peringatan HUT RI untuk mewarnai semaraknya hari kemerdekan yang dua tahun terakhir ini tidak dilaksanakan secara langsung dan terbuka," ujarnya.

Menurut Basri, dengan adanya kirab budaya ini diharapkan membangkitkan  semangat warga untuk berkreatif dan berinovasi dalam kreatifitas positif.

"Jadi aksi kirab budaya ini menjadi pendorong bagi  masyarakat untuk tetap mempertahankan budaya kearifan lokal dan nusantara agar tetap dilestarikan secara re generasi," katanya.

Upacara HUT ke-77 RI  Desa Ujung Batu I dilaksanakan di lingkungan desa.Bertindak sebagai irup upacara, Kepala Desa Ujung Batu I, Hasan Basri.

Kegiatan Upacara peringatan HUT Proklamasi Kemerdekan RI di desa terssbut  berjalan khidmat yang dihadiri seluruh perangkat desa,BPD Desa dan elemen masyarakat.