TAPTENG -Satu unit rumah permanen di Jalan Padangsidimpuan, Lingkungan IV, Kelurahan Lubuk Tukko, Kecamatan Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatra Utara, hangus terbakar, Jumat (5/8/2022) sekitar pukul 11.00 WIB.
 

Kapolres Tapteng, AKBP Jimmy Christian Samma melalui Kasi Humas, AKP H.Gurning kepada awak media mengatakan, berdasarkan keterangan diperoleh dari beberapa saksi di lokasi kejadian menyebutkan, kebakaran terjadi saat cucu pemilik rumah Anir Tanjung (62), yang masih berusia 4 tahun ditinggal sendirian di dalam kamar rumah, dan asik bermain mancis atau korek gas.

“Api yang muncul dari mancis tersebut kemudian membakar selimut, tepat di atas kasur tempat tidur. Api kemudian merambat ke seluruh bangunan rumah,” kata Gurning.

Warga setempat yang mengetahui kejadian itu, berhamburan ke lokasi dan menyelamatkan cucu pemilik rumah serta melakukan upaya pemadaman api.

Tak lama kemudian, sedikitnya tiga unit mobil pemadam kebakaran Pemkab Tapteng tiba di lokasi, api pun kemudian berhasil dipadamkan.

“Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut, namun kerugian ditaksir mencapai 500 juta rupiah,” jelas Gurning.

Kasi Humas menerangkan, Tim Inafis Polres Tapteng sudah diturunkan ke lokasi untuk olah TKP, guna memastikan apa sebenarnya penyebab pasti terjadinya kebakaran rumah yang tepat berada di pinggir jalan lintas Sumatera itu.