LHOKSEUMAWE – Dampak dari konflik yang berkepanjangan di bumi Serambi Mekkah beberapa dekade lalu, terkadang masih menyisakan apatisme ditingkat warga masyarakat, khususnya warga Lhokseumawe, betapa tidak, Lhokseumawe menjadi salah satu daerah yang berada dalam pusaran konflik tergolong berat. Oleh karena itu momen HUT RI ke – 77, Pj Walikota Lhokseumawe Dr Drs Imran MSi MA Cd menggelorakan semangat nasionalisme bagi masyarakat Lhokseumawe. Salah satunya meminta warga Lhokseumawe mengibarkan bendera merah putih satu bulan penuh, dan peringatan itu harus dirayakan semarak mungkin.  
 
“Mari kita bangkitkan semangat nasionalisme dan cinta tanah air, momen HUT RI ke – 77, saya minta kepada seluruh masyarakat Lhokseumawe kibarkan bendera satu bulan penuh, dan saya minta di setiap desa di Lhokseumawe agar membuat kegiatan yang sifatnya menyemarakan HUT RI ke – 77. Rayakan semeriah mungkin,” ungkapnya, Rabu (3/8/2022).  
 
Sebelumnya, disela-sela apel gabungan dipusatkan di lapangan Hiraq Lhokseumawe beberapa waktu lalu, Pj Walikota Lhokseumawe membagikan 10.000 bendera merah putih kepada elemen masyarakat agar segera dikibarkan dimasing-masing rumah
 
“Bendera merah putih harus berkibar tidak hanya dikawasan perkotaan tapi juga ke pelosok desa, saya minta kepada seluruh Muspika terlibat aktif mengajak warga masyarakat mengibarkan bendera merah putih sekaligus mengjak warga masyarakat agar membuat kegiatan yang sifatnya bergembira ria dalam rangka memperingati HUT RI ke – 77,” ujarnya.
 
Untuk memperkuat himbauan tersebut, Pj Walikota Lhokseumawe juga terbitkan Surat Edaran (SE) nomor  003.1/1670.1 tertanggal 22 Juli 2022 , menginstruksikan seluruh kantor, rumah rumah ibadah dan bangunan lainnya  agar mengibarkan bendera merah putih  terhitung mulai 1 sampai dengan 31 Agustus 2022 , khususnya kantor dan pertokoan  ditambah  dengan umbul umbul  bernuansa merah putih.
 
Dalam surat edaran tersebut  kepada seluruh pemilik  toko, kantor  dan rumah penduduk dalam kota dan pasar  guna melakukan pengecetan /pengapuran bangunan pagar seperlunya, agar tampak meriah dan semarak.
 
Seluruh pemilik pagar  dipinggir jalan nasional  dan jalan propinsi /kota  supaya dibersihkan /dirapikan dan dicat putih. Seluruh pemilik hotel, penginapan , perkantoran, pertokoan agar menghiasi  bangunan termasuk pemasangan lampu hias , umbul –umbul , baliho dan spanduk  dengan tema "Putih lebih cepat, Bangkit lebih kuat”.
 
 Dan juga diminta kepada seluruh karyawan dan masyarakat  agar memasang  bendera merah putih baik pada kendaraan dinas, kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Selain itu dalam SE tersebut diminta untuk menyelenggarakan program dan kegiatan HUT RI  baik secara daring maupun luring untuk menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI ke - 77.
 
Saat  17 Agustus 2022, pukul 10.17 sampai 10.20 WIB selama 3 menit, segenap masyarakat Kota Lhokseumawe menghentikan semua kegiatan. Berdiri tegap saat lagu Indonesia Raya dikumandangkan secara serentak di berbagai lokasi dan  dan daerah , untuk menghormati peringatan detik – detik Proklamasi. Pengecualian menghentikan aktivitas sejenak berlaku bagi setiap orang dengan aktivitas yang berpotensi membahyakan diri dan orang lain apabila dihentikan.
 
“Namun demikian penyelenggaraan hal –hal dimaksud  agar tetap memperhatikan penerapan protokol kesehatan pencegahan dan penanganan Covid-19 secara ketat, sesuai kemampuan dan kondisi daerah masing – masing serta memperhatikan ketentuan peraturan perudang – udangan yang berlaku,” jelasnya.