SERGAI - Lima Pedagang Sate asal Lubuk Pakam mendapatkan kejutan setelah daganganya di borong habis Pangdam I/BB, Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin dalam acara Open Race Pordasi Cup Trophy, di pacuan kuda Jericho Stable Desa Firdaus, Kec Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sabtu (23/7/2022). Orang nomor satu, di Komite Militer Kodam 1 Bukit Barisan (Komindam OMINDAM) Sumatera Utara, usai melaksanakan shalat Zuhur di Mushola Jericho Stable tanpa disengaja Pangdam I/BB Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin langsung memanggil seorang pedagang Usaha Kecil dan Menengah (UMKM).
 
Saat itu, Pangdam I/BB mencoba menawar harga dagangannya kepada kedua seorang ibu rumah tangga (IRT) dan turut 3 orang pria dengan membawa dagangan sate.
 
"Berapa satu bescom buk harga,"jawab Pangdam Pedagang sate juga langsung menjawab, satu beskom hanya Rp 700 ribu rupiah pak. 
 
Selanjutnya, Pangdam I/BB langsung membayar sate para pedagang tersebut. Kemudian meminta membagikannya pasa semua orang yang ada di lokasi tersebut.
 
"Siap pak, nanti kami bagikan di lokasi acara disini, maksih banyak pak Pangdam,"ujar seraya para pedangan Sate di lokasi tersebut.
 
Perwakilan pedagang sate, Yunita Amelia (40) warga Jalan sekip Gang Hongkong, Kecamatan Lubuk Pakam, Kabupaten Serdang Bedagai mengatakan awalnya datang ke lokasi acara pacuan kuda tidak terbuka dan tidak bebas. Sehingga berjualan, diluar acara tidak laku dan berencana mau arah balik arah Medan.
 
"Tiba- tiba kami melihat bapak pangdam I/BB turun dari acara untuk melaksanakan shalat Zuhur bersama. Kemudian saya tegur pak pangdam," ucap Yunita kepada GoSumut 
 
Setelah selesai shalat, pihaknya tetap berdiri dan tidak menganggu, kemudian dipanggil lagi pak Pangdam dan dijawabnya ok. 
 
"Alhamdullilah, dagangan sate kami diborong habis semua oleh bapak Pangdam I/BB,"sebut Yunita Amelia yang merasa senang daganganya diborong habis oleh Pangdam I/BB Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin.
 
Yunita yang menjual beragam jenis sate terdiri kerang, jengkol, tahu, hati ayam, udang dan telur puyuh. Dirinya juga berharap semoga Pangdam diberikan sehat selalu, panjang umur dan banyak rezikinya.
 
" Mudah-mudahan beliau cepat naik pangkat dan jangan lupa ya pak kami tukang sate ini," papar Yunita Amelia yang langsung meranjak pulang menuju arah Medan.