PALAS - Pemkab Padanglawas (Palas) menerima penghargaan kategori pratama dari Kementerian Pemberdayanan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPA) sebagai Kabupaten Layak Anak (KLA). Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak( DP2KBP3A) Kabupaten Palas, Hj Markiah Hasibuan SE, Sabtu(23/7/2022) berkaitan dengan Hari Anak Nasional(HAN).
 
Dikatakan, penghargaan pratama ini diperoleh merupkan hasil dari menguatnya seluruh pihak dalam memenuhui hak dan melindungi anak di Kabupaten Palas.
 
"Penghargaan KLA Pratama dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak(KPPA) I Gusti Ayu Bintang Darmawati diterima Pemkab Palas Tahun 2022 ini," ucap Markiah.
 
Penghargaan KLA Pratama ini, lanjutnya sebagai bukti bahwa daerah ini  memiliki komitmen tinggi untuk mendukung pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak.
 
Sebelum menerima penghargaan KLA Pratama, katanya pihak KPPA melakukan proses evaluasi yang dilakukan oleh tim Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, tim dari kementerian lembaga dan tim independen secara daring.
 
"Evaluasi ini  dilakukan untuk mengukur capaian kinerja pelaksanaan 24 indikator,” sambungnya.
 
Ia menjelaskan, KLA adalah sebuah sistem pembangunan yang menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak yang dilakukan secara terencana, menyeluruh dan berkelanjutan.
 
"Kabupaten Layak Anak yang menerima penghargaan ini  merupakan sistem berbasis hak anak yang dilakukan melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat, media dan dunia usaha yang terencana secara menyeluruh dan berkelanjutan dalam bentuk kebijakan, program, kegiatan yang ditujukan menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak,"ungkapnya.
 
Markiah juga menyebutkan, kabupaten atau kota yang menerima penghargaan KLA Pratama tahun ini terdiri dari Kabupaten Prabumulih, Kota Tanjung Balai, Kota Gunung Sitoli, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Kabupaten Pakpak Barat, Kabupaten Palas, Kabupaten Batubara, Kabupaten Pulang Pisau,Kabupaten Pacitan dan Kabupaten Ngawi.
 
"Untuk Kabupaten Palas predikat penghargaan yang diterima kategori Pratama dari  KPPA," imbuhnya.
 
"Penghargaan KLA Pratama ini menjadi  kebanggaan daerah dan masyarakat dari hasil menguatkan hak dan melindungi anak di daerah ini," tambah dia.
 
“Kita berharap, prestasi penghargaan yang didapat  menjadi inspirasi untuk  bergerak bersama menuju Indonesia maju,” kata Markiah sembari menambahkan,  penghargaan ini  tidak bukan tujuan akhir untuk terus memenuhi hak dan melindungi anak," pungkasnya.