PALAS -  Tim Dinas Sosial Provinsi Sumatera Utara melakukan kunjungan kerja(kunker) monitoring dan evaluasi (monev) terhadap kegiatan Pekerja Sosial(Peksos) di Kabupaten Padanglawas (Palas). Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial Provinsi Sumut, Herman Sarjana mengatakan kunker ke Kabupaten Palas ini bertujuan mengevaluasi potensi sumber kesejahteraan sosial di daerah ini, Jumat (22/7/2022).
 
Dikatakan, evaluasi yang dilakukan di antaranya seperti Pusat Kesejahteraan Sosial( Puskesos) Kabupaten Padanglawas, TKSK, LK3 dan Karang Taruna.
 
Dalam monev tersebut diawali dengan memeriksa absensi dan laporan perkembangan kegiatan dan manfaat yang diterima masyarakat didaerah setempat oleh Kabid Sosial Provinsi Sumut.
 
Tim Monev Provsu diterima Sekretaris Dinas Sosial yang juga Plh Kadis Sosial Kabupaten Palas, Mawardani Daulay karena Kadis Sosial H Achmad Fauzan Nasution, saat ini masa cuti pendampingan jamaah haji Kabupaten Padanglawas di tanah suci Mekkah.
 
 
Supervisor Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu(SLRT) Kabupaten Padanglawas, Leo Hasibuan memaparkan, semua kegiatan telah berjalan sesuai program Puskesos.
 
 
"Di antaranya, bagaimana cara puskesos menjembatani keluhan masyarakat terkait BPJS, KIP administrasi kependudukan dan juga permasalahan terkait penyandang distabilitas," terangnya.
 
Kata Leo, Puskesos juga berperan dalam verifikasi dan validasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial  DTKS.
 
Ia berharap, Kementerian Sosial untuk memperhatikan Puskesos Kabupaten Palas khusunya Puskesos SLRT karena ini memang program nasional yang mamfaatnya jelas untuk masyarakat sebagai bentuk pelayanan satu pintu terkait kesejahteraan sosial di Indonesia khususnya Kabupaten Palas.
 
Dikunjungan kerja tersebut, Tim Monitoring dan Evaluasi Puskesos dari Dinas Sosial Provinsi Sumatera Utara juga menghimbau, para Puskesos, TKSK, Karang Taruna, PSM dan lainnya agar tetap semangat mengemban amanah Permensos sebagai pilar sosial untuk kemaslahatan masyarakat di ruang lingkup Kabupaten Palas.