PALAS - Diperkirakan lebih dari 10 hektar kawasan hutan produksi di wilayah Desa Parapat, Kecamatan Ulu  Sosa, Kabupaten Padanglawas (Palas) terbakar. Kepala Unit KPH VII Gunung Tua Unit Sosa, David Erwinsyah SHUT didampingi Stafnya Ramadhan Gustika SHUT MM, di Sosa mengatakan, kawasan hutan produksi yang terbakar diduga akibat pembersihan lahan yang menbuka perkebunan kelapa sawit.
 
"Posisi lahan yang terbakar berada di perbatasan antara Desa  Siborna Kecamatan Sosa Julu dengan Desa Parapat, Kecamatan Ulu Sosa" jelas Ramadhan, Sabtu (23/7/2022).
 
Saat ini KPH VII Gunung Tua Unit Sosa bersama dengan Manggala Agni dan Babinsa Koramil 09 Sosa juga Bhabinkamtibmas Polsek Sosa mencoba untuk memadamkan api dengan alat seadanya. 
 
Personil yang turun langsung ke lokasi kebakaran hutan produksi terdiri dari Manggala Agni Daops Labuhan Batu, Wahyu Suwandi dan Koramil 09 Sosa, Serda Situmorang serta  Bhabinkamtibmas Polsek Sosa, Brigadir Willy Ritonga.
 
Kata Ramadhan, kendala yang dihadapi saat melakukan upaya pemadaman api di lokasi kebakaran. Lokasi kebakaran jauh dari sumber air sehingga agak sedikit kewalahan untuk memadam api.
 
"Kami informasikan bahwa hingga saat ini  di lokasi hutan yang terbakar,posisi api belum dapat dipadamkan secara menyeluruh tetapi kita terus melakukan upaya agar api padam total dilokasi kebakaran," ungkapnya.
 
Oleh karena itu, Ramadhan menghimbau masyarakat agar tidak sembarangan membakar lahan mengingat saat ini lagi musim kemarau. 
 
Ia juga menambahkan,bahwa KPH VII Gunung Tua Unit Sosa terus berkoordinasi dengan semua instansi terkait  dalam upaya untuk memadamkan api dilokasi kebakaran hutan produksi tersebut.