MEDAN - Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi melalui Dinas Koperasi dan UKM Sumut Penyaluran bantuan peralatan kepada pelaku usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Kamis 21 Juli kemarin. Program bantuan itu pun mendapat sambutan hangat dari para pedagang kecil yang menerima manfaat secara langsung.

Selah satunya Herlina, Ketua Paguyuban Jamu Sehat Berkah Sumut.

Sebagai kelompok pelaku usaha kecil, dirinya mengaku mendapat perhatian langsung dari pemerintah.

"Kami merasa bersyukur dan bahagia atas fasilitas yang diberikan pak Gubernur Sumatera Utara. Baru ini, kami mendapat program bantuan setelah 15 tahun berjualan jamu di Sumatera Utara," ujar Herlina.

Herlina pun berharap dengan hadirnya bantuan sepeda dan gerobak jamu, membuka peluang mereka dalam meningkatkan perekonomian keluarga.

"Mudah-mudahan ke depannya kami lebih baik lagi berjualan dan bisa memotivasi kami lebih baik lagi. Dan untuk bapak gubernur sehat selalu dan tetap semangat," ucap Herlina.

Hal senada disampaikan para pengendara Becak Bermotor.

"Alhamdulillah kami dari komunitas Betor mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada bapak Gubernur Sumut Edi Rahmayadi dalam hal ini begitu peduli kepada komunitas Betor yang mana beliau bisa membantu dalam hal pengadaan seksi dan gerobak becak," ungkap Johan Merdeka selaku Ketua Komunitas Satu Betor.

Apalagi bilang Johan, mayoritas 90 persen becak di Sumut sudah usang dan tak layak pakai.

"Sehingga dalam hal ini bantuan dari pak gubernur sangat membantu kami saat berada di jalanan. Baru kali ini dapat bantuan seperti ini. Kami sangat terkejut. Beliau sangat perhatian kepada kami abang Betor dan komunitas lainnya," ujar Johan.

Harapan dengan bantuan Bak Becak dan Seksi yang baru, bisa menambah semangat mereka dalam meningkatkan pendapatan.

"Mungkin biasa narik jam 7 pagi, sekarang bisa lebih cepat sehabis sholat Subuh agar pendapatan bisa meningkat," harapnya.

Sebelum pengalaman, Johan dan rekannya kembali menyampaikan apresiasinya terhadap Edy Rahmayadi.

"Terima kasih kami kepada bapak gubernur Sumatera Utara, Edi Rahmayadi yang perhatian kepada kami dan kami berdoa agar beliau selalu sehat dan bisa menjadi gubernur kembali untuk periode selanjutnya," ucapnya.

Seperti diketahui, produk bantuan yang dilakukan sebagai upaya penguatan anggaran tahun 2022 yang digagas secara nasional.

Program bantuan ini juga akan disalurkan kepada 500 penerima manfaat yang ada di Sumatera Utara.*