TAPTENG - Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Republik Indonesia (RRI) Sibolga menggelar radio talkshow (bincang-bincang) bersama pelajar, di Gedung SMA Negeri 1 Plus Matauli Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Jumat (22/7/2022) pagi. Radio talkshow yang mengusung tema 'Berprestasi tanpa narkoba' dihadiri pembicara yakni Kasi Humas Polres Tapteng, AKP. Horas Gurning, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Plus Matauli Pandan, Deden Rachmawan, Wakil Ketua Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Panca Sila (MPC PP) Tapteng, Jefri dan Sekretaris MPC PP Tapteng, Aprina Situmorang.
 
Serta diikuti puluhan siswa SMA Negeri 1 Plus Matauli Pandan, yang antusias mengajukan pertanyaan kepada pembicara terkait topik pembahasan.
 
Dalam acara yang dipandu James Fransiskus itu, Gurning mengingatkan para pelajar tentang ancaman peredaran narkoba dikalangan generasi muda.
 
“Remaja yang paling sering jadi sasaran (pengedar narkoba). Karena, usia remaja pemikirannya masih labil, dan didorong rasa ingin tahu,” ujarnya.
 
Menanggapi pernyataan Gurning, Deden memberikan motivasi kepada siswanya agar berprestasi tanpa narkoba.
 
“Kalian adalah generasi emas bangsa Indonesia. Di seratus tahun kemerdekaan Republik Indonesia, kalianlah yang akan berkiprah dengan generasi yang kuat dan berprestasi. Dan, yakinlah bahwa prestasi itu tidak perlu menggunakan narkoba, Jangan mau terbujuk, terbuai oleh rayuan-rayuan bahwa dengan narkoba bisa berprestasi. Bohong itu,” pesannya.
 
Selain itu, Aprina berpesan kepada para pelajar agar meningkatkan kedisiplinan dan keimanan untuk membentengi diri dari pengaruh penggunaan narkoba.
 
“Katakan tidak pada narkoba, katakan tidak pada narkoba, katakan tidak pada narkoba,” imbaunya.