TOBA - Sukseskan F1H2O Championship 2023, Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan (LBP) melakukan kunjungan kerja ke Balige, Kabupaten Toba, Selasa (19/7/2022). Kunjungan kerja ini dalam upaya meningkatkan daya tarik wisata di Danau Toba sekaligus meninjau kesiapan untuk pagelaran F1H2O Championship 2023 yang direncanakan 24-26 Februari 2023 mendatang.
 
Menko Marves bersama rombongan melakukan kunjungan kerja di Pelabuhan Mulia Raja Napitulu Balige disambut Dirut BPODT, Bupati Poltak Sitorus dan jajaran pejabat Pemkab Toba. .
 
Saat melakukan peninjauan lokasi, Menko memberikan beberapa arahan terkait persiapan Toba sebagai tuan rumah. 
 
LBP menyampaikan arahan dalam hal penataan lingkungan sekitar rencana lokasi event, yang letaknya berada di sekitar Pelabuhan Muliaraja di jalan Bukit Barisan Balige.
 
Menurutnya, Danau Toba menjadi salah satu destinasi prioritas sehingga pihaknya akan meminta izin Presiden Joko Widodo untuk mengadakan event olahraga seperti F1H2O dan balap sepeda Tour de Danau Toba.
 
F1H2O adalah kejuaraan balap perahu motor yang cukup seru dan sudah digelar di beberapa negara Eropa.
 
"Selain infrastruktur, sebuah destinasi wisata juga perlu dikenal oleh seluruh wisatawan baik domestik terlebih lagi mancanegara. 
 
Untuk itu Danau Toba yang memiliki potensi sebagai tempat penyelenggaraan event internasional tematik, saya kira ke depan bisa menyelenggarakan event olahraga berskala internasional seperti F1 H2O dan Tour de Danau Toba," ujar Luhut.
 
Dalam kunjungan Menko Marves ini, Dirut BPODT Jimmy Bernando Panjaitan menjelaskan pemerintah sangat serius untuk menjadikan Danau Toba sebagai tuan rumah event yang berskala Internasional.
 
“Kami sangat senang menyambut Bapak Menko di lokasi rencana pelaksanaan F1H2O ini pak, BPODT akan bersinergi dengan baik bersama Pemkab Toba terutama dalam membangun SDM Toba, agar masyarakat mampu memanfaatkan momentum dalam menyambut turis mancanegara yang nantinya akan datang untuk meningkatkan ekonomi masyarakat,” ujar Jimmy.
 
Dalam kunjungan Menko Marves didampingi Odo Manuhutu Deputi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko Marves, Fritz Nababan Direktur Destinasi Pariwisata BPODT,Bupati Toba Poltak Sitorus,Drs  August Sitorus Pj Sekda Toba dan beberapa pejabat Daerah Pemkab Toba.