LHOKSEUMAWE – Penjabat (Pj) Ketua PKK Kota Lhokseumawe Rosnelly minta agar hasil produk UMKM pengrajin Kota Lhokseumawe menjadi produk unggulan eks kota petro dollar, sehingga jika wisatawan masuk ke Lhokseumawe bisa dipastikan membeli oleh-oleh khas Lhokseumawe. Hal itu diungkapkan Pj. Ketua PKK Kota Lhokseumawe Rosnelly saat mengikuti acara sosialisasi keamanan pangan, legalitas produk dan strategi pemasaran produk UMKM Kota Lhokseumawe di aula Rupatama Wicaksana Laghawa Polres Lhokseumawe, Kamis (21/7/2022).
 
“Produk UMKM Lhokseumawe harus menjadi unggulan bagi pengrajin, soalnya Lhokseumawe harus memiliki branding terhadap produk unggulan, paling tidak jika ada wisatawan masuk Lhokseumawe ada oleh-oleh khas yang diproduksi oleh para pengrajin yang tersebar di sentra-sentra produk unggulan,” katanya.
 
Selain Pj. Ketua PKK Lhokseumawe, acara tersebut juga dihadiri  oleh  Ketua Bhayangkari Polres Lhokseumawe, Perwakilan Persit XX Dim 0103 Aceh Utara, Perwakilan Pengurus Dekranasda Cabang Lhokseumawe, Perwakilan Kepala Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe, Perwakilan Bank Indonesia Kota Lhokseumawe, Perwakilan Bank Aceh Syariah Kota Lhokseumawe dan seluruh pelaku UMKM dibawah binaan Bhayangkari Cabang Kota Lhokseumawe serta pelaku UMKM dibawah binaan Disperindagkop dan UMKM Kota Lhokseumawe.
 
“Demi kelancaran gerak dan berputarnya roda organisasi Dekranasda Kota Lhokseumawe, kami menjadikan usaha UMKM dibidang pangan dapat membantu pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah untuk dapat meningkatkan pendapatannya,” kata Rosnelly.
 
Sebagai narasumber kegiatan tersebut dihadirkan langsung dari Dinas Kesehatan Kota Lhokseumawe Khasyiah SKM MKes, dengan materi standarisasi pengelolaan pangan, mulai dari menjaga hiegienis dan sanitasi tempat, orang, bahan  dan perlengkapan yang dipakai untuk produksi pangan. Materi kedua yakni cara mengolah bahan hingga menjadi suatu produk makanan sehingga berkualitas baik untuk dipasarkan.
 
Harapan Rosnelly dengan adanya sosialisasi ini agar dapat menjadikan UMKM dibidang makanan memiliki kualitas dan daya saing yang baik.