MEDAN - Jamaah haji debarkasi Medan yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 1, akan tiba di Tanah Air, Sabtu (23/7/2022) sekira pukul 09.55 Wib. Hal tersebut dikatakan Kepala Kanwil Kemenag Sumut, Abd Amri Siregar yang juga Ketua Panitia Penyelenggaran Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Medan saat memberikan keterangan pers usai rapat Persiapan Operasional Pemulangan Haji, Kamis (21/7/2022).
 
Disebutkannya, jamaah haji asal Sumatera Utara gelombang pertama sudah selesai menunaikan dan menyempurnakan rukun Islam kelima di Tanah Suci. Saat ini sudah memasuki tahapan pemulangan. Sementara jamaah haji gelombang kedua, juga sudah berangkat menuju Madinah.
 
Abd Amri Siregar menyebutkan selama pelaksanaan ibadah haji, dari total 3798 jamaah Debarkasi Medan, tiga diantaranya meninggal dunia. Sehingga total jamaah haji, termasuk petugas sebanyak 3785 orang.
 
Jamaah yang tergabung dalam 10 kloter ini akan kembali ke Tanah Air mulai 23 Juli, dan kloter ke 10 akan tiba pada 1 Agustus 2022 sekira pukul 23.40 Wib.
 
Sebelumnya, Plh. Kepala UPT Ahmed, H. Irwansyah Putra SE, jemaah haji Kloter I dijadwalkan bertolak dari Bandara King Abdul Azis Jeddah pada, Jumat (22/7) malam dengan nomor penerbangan GA 3201.
 
Karena itu pihaknya telah melaksanakan beberapa persiapan penyambutan kedatangan jemaah haji khususnya di Aula I Ahmed, di antaranya dengan pengasapan (poging) diseluruh Aula I, kamar dan beberapa lokasi penting lainnya. Juga Ahmed mempersiapkan hand sanittizer serta beberapa perlengkapan khusus untuk protokol kesehatan.