PALAS – Mobil perpustakaan keliling yang dikelola Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Padanglawas (Palas) rutinitas  mengunjungi sekolah-sekolah SD. Kunjungan mobil perpustakaan keliling tidak hanya ke sekolah yang ada di sekitar Kota Sibuhuan tetapi sampai ke pelosok desa  di beberapa wilayah Kecamatan Kabupaten Palas.
 
“Beberapa hari ini secara rutin, mobil  perpustakaan keliling mengunjungi sekolah -sekolah seperti SDN 0109 Desa Janji Lobi, Kecamatan Barumun dan SDN 0127 Sibuhuan Julu, Kelurahan Pasar Sibuhuan, serta Kecamatan lainnya seperti Barumun Baru dan Ulu Barumun untuk mengajak siswa giat membaca buku yang berkaitan dengan pendidikan," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Palas, Hj Leli Ramayulis SKM, Kamis(21/7/2022).
 
Ia menyampaikan, dalam kunjungan ini, juga dilakukan berbagai pembinaan terhadap pengelolaan  perpustakaan yang ada di sekolah dan memotivasi siswa untuk lebih giat membaca untuk menambah wawasan pengetahuan.
 
Menurutnya, peranan perpustakaan baik yang ada di lingkungan sekolah maupun desa, sangat penting bagi masyarakat, sebagai sarana untuk mendapatkan sebuah informasi dan rujukan yang bermanfaat untuk menambah wawasan pengetahuan yang lebih baik.
 
"Kami terus melakukan berbagai langkah  dalam rangka mendorong pengelolaan perpustakaan sekolah yang lebih baik lagi kedepan, “ ucapnya.
 
Selain terus memprogramkan kunjungan mobil perpustakaan keliling, lanjutnya tidak kalah penting mendorong setiap sekolah untuk melaksanakan pengelolaan perpustakaan secara  profesional dan di tunjang koleksi buku berkualitas yang memacu semangat belajar siswa.
 
"Perlu di ketahui, bahwa perpustakaan sekolah merupakan jantungnya sekolah,sehingga  kami berharap perpustakaan dapat menunjang  proses belajar mengajar agar  lebih bervariasi, menyenangkan dan tidak monoton untuk mewujudkan Kabupaten Palas yang beriman, cerdas,sehat, sejahtera dan berbudaya (Bercahaya)," pungkas Leli Ramayulis.