LHOKSEUMAWE – Desa Tanjung Dalam Selatan yang terletak di Kecamatan Langkahan, Kabupaten Aceh Utara menjadi salah satu daerah yang sangat potensial pengembangan budidaya ikan air tawar, pasalnya kawasan tersebut jauh dari pesisir, sehingga kebutuhan warga akan gizi dapat terpenuhi dari hasil budidaya ikan air tawar milik masyarakat tersebut. Komandan Kodim 0103 Aceh Utara Letkol Inf Hendrasari Nurhono SIP MIP, Rabu (20/7/2022) menyempatkan diri meninjau areal keramba budidaya ikan air tawar yang merupakan binaan dari Babinsa Kodim 0103 Aceh Utara.
 
Budidaya ikan air tawar di desa tersebut ternyata berkembang pesat, bahkan menjadi salah satu sektor untuk penunjang perekonomian masyarakat, betapa tidak hasil panen ikan air tawar tersebut selain dipasarkan untuk masyarakat setempat, sebagian juga dipasarkan disejumlah kawasan di Aceh, terutama diwilayah Kabupaten Aceh Timur, Bener Meriah maupun Aceh Tengah.
 
Dalam kesempatan itu, selain meninjau lokasi budidaya ikan air tawar itu,  Dandim 0103 Aceh Utara Letkol Inf Hendrasari Nurhono SIP MIP didampingi Ketua Persit KCK Cabang XX Dim 0103 Ny Dina HS Nurhono mengatakan  kegiatan yang dilakukan sekaligus silaturahmi dan menjalin jajaran TNI khususnya Kodim dengan seluruh elemen masyarakat yang berada di Kecamatan Langkahan ini.
 
“Kegiatan ini merupakan bagian dari pembinaan teritorial untuk menstimulasi generasi muda atau kelompok tani yang ada di desa, agar memanfaatkan lahan kosong dengan salah satu contoh seperti budidaya ikan air tawar yang dipandu Personel Babinsa Kodim 0103 Aceh Utara. Seperti yang kita lihat saat ini, dan diharapkan bisa berlanjut kedepan untuk menambah perekonomian masyarakat desa,” katanya.
 
Dalam kegiatan tersebut dirinya, mengungkapkan bahwa pihaknya memang harus produktif guna mendorong perekonomian di desa  dengan cara memberdayakan seperti peternakan, perkebunan, maupun perikanan untuk mendukung produktifitas perekonomian masyarakat.
 
Disebutkan,  untuk budidaya keramba ikan dibawah pembinaan Kodim 0103 Aceh Utara prospeknya sangat bagus, betapa tidak sebelumnya berjumlah 6 keramba dan sekarang bisa sudah mencapai 135 keramba.
 
Dalam kesempatan itu,  Dandim 0103 Aceh Utara berpesan serta mengajak agar semua elemen masyarakat ikut secara aktif berperan membangun Kabupaten Aceh Utara, khususnya diwilayah Kecamatan Langkahan supaya lebih baik. “Kerja sama yang baik telah terjalin antara TNI khususnya Kodim, Polres dengan Pemerintah Kabupaten Aceh Utara,” katanya.
 
Oleh sebab itu, diharapkan kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Utara khususnya yang saat ini di Jabat oleh Pj Bupati Aceh Utara Azwardi Abdullah, ikut serta berperan aktif bersama TNI, Polri dalam membantu mengatasi wilayah Kecamatan Langkahan.
 
Dandim juga mengucapkana terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu berkembangnya keramba ini sehingga diharapkan hasil dari budidaya keramba ikan ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.
 
Sementara Ketua Kelompok Tani keramba ikan air tawar di Desa Tanjung Dalam Selatan, Kecamatan  Langkahan, Abdullah (46) mengatakan  hasil panen dari keramba ini terus meningkat dan panen kali ini mencapai sekitar 5 ton.
 
“Alhamdulillah, ditengah masa sulit ini kami masih bisa menikmati hasil panen dari budidaya ikan patin,” kata Abdullah didampingi Babinsa Koramil 28/Langkahan Serda Syamsuddin.
 
Abdullah juga mengucapkan terima kasih kepada TNI khususnya Pangdam IM karena dari program Serbuan Teritorial (Serter) inilah puluhan kepala keluarga didesanya dapat terbantu perekonomiannya.