LHOKSEUMAWE - Dandim 0103 Aceh Utara Letkol Inf Hendrasari Nurhono SIP, MIP didampingi Pimpinan Dayah Darul Muttaqin Tgk Muzakkir (Waled Lapang) menghadiri acara kenduri laot merupakan budaya kearifan lokal yang perlu dilestarikan, di Desa Pusong Lama, Kecamatan Banda Sakti, Kota Lhokseumawe. Acara yang dikemas lewat doa bersama itu, berharap agar segala aktivitas masyarakat yang mayoritas penduduknya, nelayan terhindar dari segala bencana dan selalu mendapat lindungan dari Allah SWT.
 
Dalam kesempatan itu Panglima Laot Lhokseumawe, Pawang Hamid menyampaikan ucapan terima kasih dan syukur dengan terlaksana kenduri laot yang sudah lama ditinggalkan. Namun pada hari ini telah terwujud kembali dengan bantuan dari pawang-pawang dan aneuk Itek yang selama ini sangat bersemangat untuk membuat acara pada hari ini.
 
"Harapan kami kedepan kenduri laot dibuat lebih meriah lagi dari pada hari ini. Saya tegaskan kepada para nelayan kita melaut pada hari minggu jangan ada yang melaut besok karena besok masih saya beri waktu untuk istirahat bersama keluarga," katanya, Jumat (15/7/2022).
 
Sementara itu Dandim 0103 Aceh Utara Letkol Inf Hendrasari Nurhono SIP MIP menyampaikan ungkapan terima kasih atas undangan dari panglima laot beserta masyarakat lain atas pelaksanaan kenduri laot ini.
 
"Saya beserta rombongan mengucapkan mohon maaf apabila kedatangan kami agak terlambat, semua itu bukan berarti disengaja akan tetapi ada beberapa hal yang harus diselesaikan terlebih dahulu terkait dengan kepentingan masyarakat juga yaitu keberadaan air bersih," ungkapnya.
 
Dikatakan Dandim,  terkait dengan inti acara keluarga besar Kodim 0103 Aceh Utara dengan moto Meuiman dan Tameusaboh ke Nanggroe (Beriman dan Bersinergi untuk Negeri) sangat mendukung pelaksanaan kegiatan yang dilaksanakan panglima laot beserta jajaran. 
 
Dengan harapan semoga para nelayan dengan diadakannya kenduri laot ini dapat menjadi sarana ritual budaya kearifan lokal yang dilaksanakan, ini tetap kita jaga tentunya dengan mengharap ridho dan izin Allah Subhanahu wa Ta'ala sehingga nantinya dalam pelaksanaan berlayar yang akan dimulai hari Minggu (18/7)2022) penuh dengan ridho dan izin Allah, tentunya mendapatkan hasil yang semakin melimpah dan membawa kesejahteraan bagi semua warga pesisir laut. 
 
Dalam kesempatan itu Dandim juga menyampaikan dirinya selaku Dandim 0103 Aceh Utara yang baru juga mohon doa restu untuk melakukan program-program yang akan dilaksanakan semoga bisa Istiqomah karena semua ini menyangkut dengan kedekatan kita kepada Allah SWT. 
 
Diakhir acara Kenduri Laot, masyarakat yang hadir juga disuguhkan dengan tausiyah yang disampaikan Pimpinan Dayah Darul Muttaqin Tgk Muzakir (Waled Lapang), sembari mengajak kepada seluruh masyarakat tetap melaksanakan shalat 5 waktu berjamaah di masjid terdekat.
 
Turut Hadir pada kegiatan Kenduri Laot, Kasi Log Rem 011 Lilawangsa Letkol Cba Didi Purnomo.  Ketua KIP Lhokseumawe,  Mohd. Tasar BA MA, Pemilik Klinik Vinca Rosea  Azhari,  Kasat Pol Airut Polres Lhokseumawe AKP Ibnu Sakdan, Danramil 16/BDS Kapten Inf Fachrizal, Kapolsek Banda Sakti Iptu Faisal, Sekcam Banda Sakti  Munir, Dandenpomal Lhokseumawe Kapten Laut PM Budiyansyah, Geuchik pusong baru Kaharuddin, serta warga masyarakat Pusong Baru, Pusong Lama dan para nelayan kota Lhokseumawe.