SERGAI - Tokoh masyarakat Kecamatan Teluk Mengkudu, Kabupaten Serdang Bedagai memberi apresiasi atas program pasangan Darma Wijaya dan Adlin Tambunan (Dambaan) tentang masyarakat sehat yang tertuang dalam 7 Sapta Dambaan. "Macam gini yang didambakan masyarakat, saya salut dengan pasangan Dambaan, jika hal ini dibuat secara rutin dan berkesinambungan, maka saya yakin masyarakat sergai akan terlayani dengan baik dan sehat."

Demikian dikatakan tokoh asyarakat Desa Pematang Setrak, Kecamatan Teluk Mengkudu, Sofyan Nasution kepada wartawan, usai melakukan pengecekan kesehatan gratis di aula Kantor Desa Pematang Setrak, Senin (13/6/2022) siang.

Kegiatan yang diprakarsai oleh Puskesmas Sialang Buah Kecamatan Teluk Mengkudu, di bawah kepemimpinan dr. Sri Eva Purba memberi fasilitas pengecekan kesehatan gratis mulai dari pemberian pemeriksaan kesehatan umum.

Selanjutnya, pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut, pemeriksan cek gula darah, kolesterol dan asam urat (PTM), senam lansia, pemeriksaan tumbuh kembang bayi dan alita serta menyediakan Obat-obatan yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Hal ini di lakukan untuk mencapai lelayanan yang berkualitas bagi masyarakat Sekitar Desa Pematang Setrak, terkhusus Kecamatan Teluk Mengkudu. Kabupaten Serdang Bedagai.

"Terimakasih kepada Bupati dan Wakil Bupati Sergai yang dikenal dengan pasangan Dambaan. Kami masyarakat Sergai pastinya berterimakasih dan bersyukur memiliki Bupati yang sangat peduli dengan masyarakat, khususnya dalam hal kesehatan," kata Sofyan.

Dirinya juga menyebutkan bahwa program seperti ini merupakan perwujudan menghadirkan pemerintah di tengah-tengah masyarakat.

Lanjut Sofyan Nasution, dengan hadirnya pelayanan kesehatan gratis di desa-desa menunjukan keberhasilan Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) dalam menghadirkan pemerintah di tengah-tengah masyarakat.

Sofyan juga berharap kegiatan serupa juga dapat diaplikasikan pada kecamatan yang lainnya, sehingga masyarakat Sergai menjadi sehat, dengan demikian akan menunjang perekonomian masyarakat"papar Sofyan.

Terpisah, Kepala Desa Pematang Setrak Rustian Handoko, SH menyampaikan bahwa program pasangan Dambaan merupakan sebuah trobosan yang pro rakyat.

"Mana program yang tidak pro rakyat dari Dambaan, pengamatan saya, seluruh program pasangan Dambaan sangat pro rakyat,"kata Rustian yang akrab disapa Tian usai acara pengobatan gratis di Kantor Desa Pematang Setrak.

Rustian Handoko yang belum lama menjabat sebagai Kepala Desa Pematang Setrak, juga menyinggung pembangunan infrastruktur di Kabupaten Serdang Bedagai. "Saya belum lama menjabat namun saya kagum dengan pasangan Dambaan,"katanya.

Kenapa, lanjut Tian, bahwa tahun ini ada dua titik pembangunan infrastruktur jalan yang akan dibangun, jalan dusun 7 menuju dusun 6 dan jalan dusun 5 yang akan dibangun. Ditambah lagi, baru seminggu saya dilantik, sudah mendapat kado luar biasa dari Bupati Dambaan Sergaj, yaitu normalisasi sungai.

"Pembangunan infrastruktur di Desa Pematang Setrak tidak terlepas dari peran serta Anggota DPRD Sergai Hari Ananda yang juga merupakan putra daerah Desa Pematang Setrak. "Sinergitas yang baik antara eksekutif dan legislatif akan membawa masyarakat lebih sejahtera," pungkas Tian.

Kegiatan yang disambut antusias oleh masyarakat itu, juga dihadiri oleh Ketua TP-PKK Sergai Hj. Rosmaida Darma Wijaya, Anggota DPRD Sergai Hari Ananda, Kepala Puskesmas Teluk Mengkudu dr. Sri Eva Purba, unsur Muspicam Kecamatan Teluk Mengkudu.*