TOBA - Bupati Toba Ir Poltak Sitorus meminta dan mengajak kepala sekolah dan guru untuk mensosialisasikan pendidikan karakter Batak Naraja bagi seluruh siswa/i pelajar di Kabupaten Toba.

Disampaikannya, dalam Batak Naraja ada empat unsur yang harus diterapkan dan dipelajari dengan baik yakni Batak Na Marugamo (beragama), Batak Na Maradat (menerapkan adat Batak), Batak na Marparbinotoan (memiliki ilmu pengetahuan) dan Batak Na Maruhum (taat hukum), karena hal ini adalah bagian utama dari karakter Batak Naraja.

Hal ini disampaikan Bupati Toba Poltak Sitorus selaku alumni SMP N 1 Silaen dalam sambutannya di acara pembukaan secara resmi Launching Penguatan Pendidikan Karakter Warga Sekolah se-Kabupaten Toba di SMP Negeri 1 Silaen. Hadir Kepala Sekolah Hotlan Panjaitan, Senin (13/06/2022).

Menurut Bupati Poltak Sitorus di era kemajuan teknologi dan informasi saat ini, semua informasi menjadi cepat dan mudah didapat. Seiring dengan perkembangan itu berbagai tantangan juga semakin banyak dan semakin besar.

Bupati dan rombongan jajaran pejabat Pemkab Toba, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Toba Samosir Baringin Pasaribu, SH., MH, Kapolsek Silaen Iptu R.Tampubolon, Plt.Danramil Silaen Marulak Sitorus, dan Pdt. Pantas Simanullang dari Gereja HKBP (Huria Kristen Batak Protestan) Silaen di pintu gerbang sekolah disambut sejumlah siswa/i dan guru pendidik sekolah SMP N 1 Silaen dengan mengenakan ulos berikut suguhan penampilan tor tor (tarian) yang dipimpin kepala sekolahnya Hotlan Panjaitan.

Pada kesempatan tersebut dalam sambutan dan amanahnya Bupati Poltak Sitorus menekankan betapa pentingnya pendidikan karakter disamping pencapaian berbagai ilmu di bidang akademik.

Disebutkannya baru-baru ini siswa/i di Kabupaten Toba berhasil meraih 728 medali di ajang Kompetisi Olimpiade Sains diantaranya : 260 medali emas, 240 medali perak dan 228 medali perunggu.

"Selamat dan sukses kepada para guru tenaga pendidik yang telah berhasil mendidik para anak-anak kita untuk dapat bersaing di tingkat nasional. Demikian juga selamat kepada para anak anak kami yang telah berhasil dan sukses membawa nama harum Kabupaten Toba di kancah nasional, tingkatkan terus prestasinya," sebutnya di hadapan para kepala sekolah se-Toba dan perwakilan siswa.

Ditambahkannya, "Semua prestasi ini akan menjadi sia-sia jika anak- anak kita terlibat dengan berbagai kenakalan remaja khususnya bila mereka terlibat dengan penyalahgunaan narkoba dan berbagai tindakan dan perbuatan kriminal lainnya."

Bupati meminta supaya semua pihak dan berbagai elemen di masyarakat supaya bergandengan tangan untuk meningkatkan nilai-nilai pendidikan yang berkarakter bagi seluruh anak-anak kita dengan harapan menjadi anak yang cerdas, pintar dan beriman serta bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa.

Kejari Toba Baringin Pasaribu,SH.MH dalam sambutannya menyampaikan, bahwa pendidikan karakter sangatlah penting bagi seluruh siswa/i.

Lanjutnya, Kejari Toba siap bersinergi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Toba untuk terjun langsung memberikan sosialisasi pendidikan karakter yang Unggul, Andal serta Patuh dan taat Hukum ke setiap sekolah di Kabupaten Toba.

Terpisah, Kepala Sekolah SMP N.1 Silaen Hotlan Panjaitan kepada Gosumut.com menyampaikan, SMP Negeri 1 Silaen dan seluruh jajaran guru tenaga pendidik siap menerapkan pendidikan karakter bagi seluruh siswa/i dengan Batak Naraja sebagaimana yang telah diamanahkan oleh Bupati Toba.

Hal tersebut dilaksanakan dalam upaya mendukung dan mewujudkan pembangunan Toba yang Unggul dan Bersinar dengan Batak Naraja.

Turut hadir dalam acara itu Plt.Kadis Pendidikan Kabupaten Toba Rikardo Hutajulu, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Try Sutrisno Pandapotan, Kabid Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Dinas Kominfo Toba Rikardo Simamora.*