SERGAI- Bupati Serdang Bedagai H Darma Wijaya mengajak pengurus Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) melakukan uji arung jeram di Desa Buluh Duri, Kecamatan Sipispis, Kabupaten Serdang Bedagai, Minggu (12/6/2022).

Kegiatan ini turut hadiri Ketua Umum SMSI Pusat, Firdaus didampingi Bidang Hukum SMSI Pusat Makali SH, Ketua SMSI Sumut, Ir. Zulfikar, Sekretaris SMSI Sumut Erris Julietta Napitupulu dan pengurus SMSI Sumut lainya.

Tak hanya itu, pengurus SMSI Kab/kota se- Sumatera Utara dan anggota DPRD Sergai, OPD Sergai dan tokoh masyarakat Sergai juga turut hadir mengikuti arung jeram di Sungai Bah Bolon.

Ketua Umum SMSI Pusat, Firdaus menuturkan bahwa keyakinan dengan sosok Bupati Sergai Darma Wijaya bersama masyarakatnya sangat antusias.

"Kita yakin bahwa objek wisata menjadi salah satu destinasi kunjungan pencinta olahraga alam ketika berkunjung ke Sumatera Utara," ucap Firdaus di sela melepas kegiatan arung jeram pengurus SMSI.

Bupati Serdang Bedagai H Darma Wijaya mengatakan terdapat lokasi wisata arung jeram, namun pada saat itu gaung tidak terlalu besar dikarenakan dengan penangangan kurang maksimal.

Untuk itu kita menggandeng seluruh stake holder termasuk Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) untuk ikut mempromosikan melalui media tentang lokasi wisata arung jeram di Serdangbedagai yang saat ini dengan cepatnya informasi secara online lebih memudahkan masyarakat atau pencinta alam untuk berkunjung.

Darma Wijaya yang akrab disapa bang Wiwiek ini juga memaparkan bahwa desa Bartong dan Desa Buluh Duri merupakan desa terbaik yang masuk dalam 50 besar dari 3500 desa dalam kontes destinasi wisata terbaik Kementerian Pariwisata. "Jadi bukan hanya sebatas seremoni namun juga diikuti dengan kunjungan,"papar Darma Wijaya.

Tentunya, lanjut Bupati, dari sumber daya pendukung seperti alamnya yang mendukung termasuk meningkat SDM dan pembenahan insfrastruktur serta kearifan budaya lokalnya.

Karena selama ini orang hanya tahu Deli Serdang, dan dengan ada pemberitaan maka bisa menjadi tahu dan pasti berkunjung dan melihat serta merasakan langsung pengalaman selama arung jeram di Sungai Bah Bolon," ujar Bupati Darma Wijaya.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Serdang Bedagai, Drs. Zulfikar mengatakan saat ini dinas pariwisata bersama OPD terkait terus melakukan pembenahan insfrastruktur wisata, sehingga peraihan 50 besar desa ini semakin ditingkatkan peringkatnya termasuk wisata yang berkunjung.

" Untuk promosi wisata kita juga bekerjasama dengan travel yang ada di Sumatera Utara dan Jakarta serta beberapa daerah lain. Artinya ada pertukaran informasi yang kita lakukan bersama Dinas Pariwisata Kabupaten/ Kota maupun antar provinsi dalam mendapatkan informasi," ujar Zulfikar dalam mengakhiri arung jeram bersama pengurus SMSI Sumut.

Senada anggota DPRD Sergai dari Partai Hanura, Yanti Siregar juga mengatakan bahwa seluruh elemen masyarakat mendukung pengembangan wisata alam.

"Kami dari DPRD Serdang Bedagai mendukung kemajuan wisata, karena maju sektor wisata maka dengan sendirinya meningkatkan pendapatan daerah dan kesejahteraan bagi masyarakat di sekitarnya," kata Yanti Siregar.*