SERGAI - Menyahuti kebijakan digitalisasi desa yang dilakukan Presiden Jokowi menciptakan desa melek tekhnologi dan ikut serta membangun kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia umumnya, Sumatera Utara khususnya. Yaskum Indonesia Sumatera Utara sebagai Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) yang memiliki visi dan misi membangun SDM Indonesia menuju manusia luhur, cerdas dan berkarakter, tanggap dan kreatif. 
 
Maka muncul pemikiran menggandeng Lembaga Konsultan Bantudesa dalam menjalankan misi organisasi, hal ini diwujudkan dalam penandatanganan Nota Kesepahaman dalam bentuk kerjasama antara kedua lembaga. 
 
Yaskum Indonesia (YI) sendiri dalam mengembangkan organisasi mencakup seluruh wilayah di Indonesia, untuk Sumatera Utara dinakhodai Sri Wahyuni Nukman, tokoh perempuan yang telah mumpuni untuk memajukan UKM dan saat ini juga diamanahkan membentuk Ormas YI di Sumatera Utara, atas mandat yang diberikan oleh DPP Yaskum Indonesia, atas dasar itu Sri melakukan gebrakan dan melakukan penanda tanganan Nota Kerjasama dengan Lembaga Konsultan Bantudesa yang dihadiri dan diwakili langsung oleh Direktur Bantudesa, Abdul Kadir ST, Sabtu (4/6) di Restoran Titik Temu Sergei (TTS) Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai.
 
Bantudesa dalam hal ini adalah Lembaga Konsultan dalam membangun dan mengembangkan potensi desa yang telah memiliki pengalaman dan telah memasuki tahun kelima dalam memberikan pelatihan dan pendampingan untuk program digitalisasi desa.
 
Beberapa Project yang telah berjalan di Sumatera Utara, antaranya Kecamatan Batang Toru, Kabupaten Tapanuli Selatan bekerjasama dengan Program CSR PPM PT. Agincourt Resources, Astra Group untuk 15 desa lingkar tambang yang tahun ini masuk tahun kedua. 
 
Di Kabupaten Deli Serdang untuk Kecamatan Pancur Batu. Kemudian untuk wilayah Aceh juga, yakni di Kabupaten Bener Meriah, dan bulan Mei 2022 lalu baru menyelesaikan Bimtek Desa Digital untuk desa se-Kabupaten Kediri.
 
Dalam kesempatan penandatanganan nota kerjasama ini ada harapan kedepan buat peningkatan pengembangan keterampilan di desa, dalam hal literasi digital di bidang Teknologi Informasi, pelatihan-pelatihan SDM, apalagi buat para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) bagi masyarakat yang nantinya bergabung dalam Ormas Yaskum Indonesia.
 
Hadir saat acara penandatanganan Nota Kerjasama ini turut menyaksikan Camat Perbaungan dan Handi, owner Restoran TTS, Manager Crew Hotel Afwandi, selaku penggiat dunia parawisata dan kuliner, Zulham Noer (Trainer Bantudesa) dan Susilo (Yaskum Indonesia Deli Serdang).