TOBA - Pemerintah Kabupaten Toba siap bersinergi dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Lembaga Anti Narkoba (LAN) menyosialisasikan bahaya narkotika, psikotropika, dan obat terlarang (narkoba). Langkah ini sebagai upaya memberantas peredaran dan penyalahgunaan narkoba di Kabupaten Toba.
 
Hal tersebut diungkapkan Wakil Bupati Toba, Tonny M Simanjuntak dalam sambutannya di acara Sosialisasi Peraturan Daerah Provinsi Sumatera Utara Nomor 1 Tahun 2019 tentang Fasilitasi pencegahan penyalahgunaan narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya di Gedung Serbaguna Kecamatan Porsea, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatera Utara, Jumat (3/6/2022).
 
Tonny menyebutkan, terselenggaranya kegiatan ini sebagai bentuk keseriusan pemerintah untuk memberantas peredaran dan penyalahgunaan narkoba ini. Khusus bagi Aparatur Sipil Negara (ASN/PNS) nantinya, akan digelar tes urin secara mendadak.
 
Kegiatan yang menghadirkan narasumber Kepala BNN Pematang Siantar Tuangkus Harianja, anggota DPRD Provinsi Sumatera Utara Viktor Silaen SE MM ini, diharapkan dapat memberikan edukasi yang benar kepada masyarakat.
 
Ditegaskannya, para kepala desa yang turut serta ikut menjadi peserta sosialisasi ini, bisa menjadi leadership dan meneruskan sosialisasi bahaya narkoba ini kepada warga di desanya masing-masing.
 
Selain itu lanjutnya, rumah ibadah seperti gereja dan masjid melalui para tokoh agama masing-masing turut serta menyosialisasikan bahaya narkoba ini. Sehingga Toba bisa bersih dari narkoba khususnya kaum millenial sebagai generasi muda penerus bangsa. 
 
Khususnya kepada para APH diharapkannya agar tetap pro aktif dan bertindak tegas kepada para oknum yang melakukan pelanggaran hukum akan penyalahgunaan peredaran narkoba. 
 
Ke depan kegiatan sosialisasi juga akan dilaksanakan di gedung pertemuan Lobu Tua, Kecamatan Bonatua Lunasi yang akan diikuti Ketua LAN Kabupaten Toba, Wilson Napitupulu dan jajarannya, unsur forum pimpinan kecamatan, Satnarkoba Polres Toba, pejabat dari Badan Kesbangpol Kabupaten Toba, Kominfo Toba, Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan.