TOBA - Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) bersama Politeknik Negeri Medan (Polmed) menggelar kegiatan 'Sian Hita tu Hita', Jumat (3/6/2022). Program ini bertujuan untuk kemajuan pelaku UMKM di kawasan wisata Danau Toba. Dalam kegiatan yang dilaksanakan di The Caldera Toba Nomadic Escape para pelaku UMKM mendapatkan bimbingan dan pelatihan tentang dasar-dasar promosi yang baik dan benar secara digital.
 
Termasuk membuat inovasi dan kreasi terbaru khususnya di dunia industri kreatif dan pariwisata. Memberikan pengalaman yang bermanfaat tentang digitalisasi dan sarana promosi kepada peserta konvensi, meningkatkan kesadaran masyarakat lokal terhadap branding dan trend yang ada di industri kreatif digital.
 
Direktur Industri Pariwisata BPODT Raja Malem Tarigan bersama Kelembagaan Kepariwisataan BPODT sangat terkesan dan salut dengan Politeknik Negeri Medan.
 
Direktur Industri Pariwisata BPODT Raja Malem Tarigan menyebutkan pihaknya menyambut baik dan mendukung program-program peningkatan pertumbuhan ekonomi rakyat khususnya di kawasan destinasi pariwisata Danau Toba. 
 
"Kami menyambut baik program konvensi ini dan berharap ada follow up ke depannya agar tidak hanya sekedar event yang begitu saja namun juga memiliki arah dan tujuan yang jelas," ujar Raja Malem Tarigan.
 
Ketua Jurusan Administrasi Niaga Politeknik Negeri Medan Harris Pinagaran Nasution dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan ini merupakan praktek dari mahasiswa Polmed Prodi Mice, dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan pelaku UMKM.
 
“Kami berharap secara bersama-sama kita berupaya mengembangkan kemampuan masyarakat pelaku UMKM di setiap desa-desa yang akan diajarkan oleh para narasumber yang hadir melalui program ini. Semoga dapat memberikan motivasi bagi peserta dan dapat mengembangkan  usaha-usahanya," ujar Haris.
 
Di penghujung acara, BPODT bersama Politekni Negeri Medan melakukan penandatanganan MOU antara Polmed dan 5 desa yang berada di sekitaran Toba Caldera Resort.
 
Dalam MoU tersebut disepakati kerjasama untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat sekitar agar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
 
Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Prodi MICE Risma Situmorang, dosen pembimbing pelaksanaan konvensi, Parenta Silitonga, Sekretaris Program Studi MICE Sarah Tambunan serta Kepala Desa Sigapiton, Hisar Butar-butar, Kepala Desa Pardamean Sibisa, Maringan Sirait, Kepala Desa Parsaoran Sibisa, Agus Nadapdap, Kepala Desa Motung, Gomgom Manurung, Kepala Desa Pardomuan Motung, Ridwan Manurung serta dihadiri Kadiv Pengembangan Bisnis BPODT Detty Silaban