DELI SERDANG - Empat hari menjelang lebaran idul fitri 1443 hijriah, Bandara Kualanamu Internasional Airport dipadati penumpang domestik, Kamis (28/4/2022). Pantauan Gosumut di lokasi, baik di tempat registrasi, penumpang juga terlihat ramai di ruang tunggu maupun pintu masuk penerbangan.

Menurut On Duty Office Indonesia Charge (OIC) Kualanamu Dedi Yuda Negara, sejak Rabu 27 April 2022 terjadi lonjakan penumpang domestik di Bandara Kualanamu.

"Bisa dibilang signifikan lonjakannya, kemarin sebanyak 16.800 penumpang yang berangkat dan pulang," kata Dedi saat diwawancarai Gosumut.

Sedangkan penumpang sebelumnya hanya 12 ribu hingga 13 ribu penumpang, baik yang datang maupun pergi.

Kemudian untuk penumpang non domestik, kata Dedi, berkisar 51 orang dari 10 pesawat pulang dan pergi.

Lanjut Dedi, operator Kualanamu bakal akan menambah penerbangan (flight) baik domestik maupun non domestik di puncak arus mudik lewat transportasi udara Kualanamu Deli Serdang Sabtu (30/4/2022) nanti.

Hal itu diprediksi pengelola Bandara usai melihat peningkatan yang signifikan pada Kamis (28/4/2022) sebanyak 16.800 penumpang.

"Ada airline operator penambahan penerbangan nanti, karena hari ini kita lihat ada peningkatan, dan ada tiga penambahan penerbangan sebanyak enam pesawat yakni tiga untuk domestik dan tiga lagi untuk non domestik," katanya.

Menurut Dedi, di hari keempat menjelang lebaran idul fitri 1443 hijriah ini, diprediksi kuat penumpang akan padati Bandara pada Sabtu (30/4/2022).

"Prediksi kami Sabtu nanti arus mudik akan padat sekitar 20 ribu penumpang," ucapnya.

Selain itu, Dedi mengimbau kepada calon penumpang transportasi udah untuk mengikuti aturan yang ada seperti sudah mengikuti vaksinasi pertama hingga booster.