KABANJAHE - Jelang Hari Raya Idul Fitri 1443 H/2022 M Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Karo berbenah memperbaiki jalan-jalan yang berlubang di sepanjang 5 jalur alternatif Berastagi-Medan atau sebaliknya.

Kepala Dinas PU Kabupaten Karo Edward Sinulingga mengatakan hal itu dilakukan guna mengurai kemacetan serta menciptakan rasa aman dan nyaman kepada pengendara terkhusus para pemudik. "Untuk mengantisipasi mudik kita sudah mempersiapkan jalur-jalur alternatif," mata Kadis PU Karo yang biasa disapa Edu, Kamis (28/4/2022).

Edu menambahkan bahwa persiapan tersebut juga berkolaborasi dengan Satuan Lalu Lintas Polres Tanah Karo guna menciptakan kondisi yang aman dan nyaman bagi para pemudik.

Setidaknya ada lima titik jalur alternatif yang disiapkan oleh Dinas PU Karo yakni, Jalur Sibayak-Jaranguda, Jalan Kenanga, Jalan Udara, Korpri, dan Sukanalu-Tigapanah.

Selain mempersiapkan jalur alternatif, Dinas PU juga telah menyiapkan satu unit alat berat untuk mengantisipasi daerah atau jalur rawan longsor yang disiagakan di Pos Lantas Doulu.

Edu juga menghimbau kepada para pengendara agar tetap berhati-hati di jalur-jalur yang rawan bencana yakni di jalan Tongkoh-Jaranguda, dan Jalan Kenanga dimana di lokasi tersebut memang merupakan jalur bertebing curam yang sewaktu-waktu bisa mengalami pergeseran tanah.

"Kepada para pengendara khususnya pemudik dihimbau untuk tetap berhati-hati dan mematuhi aturan lalu lintas," tutup Edu.*