ASAHAN - Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1443H/2022M dan dalam rangka menjelang Operasi Ketupat Toba 2022, Satlantas Polres Asahan menggelar Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) dengan melaksanakan pembagian brosur berisikan imbauan kepada masyarakat Kabupaten Asahan demi keselamatan mudik hari raya, Jumat (22/4/2022).

Tempat yang menjadi sasaran petugas adalah loket bus yang ada di Jalinsum Rantauprapat-Medan.

Kegiatan ini dilakukan berdasarkan Surat Edaran Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nomor 16 Tahun 2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang dalam Negeri pada masa Pandemi Covid-19.

Selain itu, menghimbau agar masyarakat mengikuti ketentuan Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN) dengan mode transportasi udara, laut, darat, menggunakan kendaraan pribadi atau umum, penyebarangan dan kereta zpi.

Kapolres Asahan, AKBP Putu Yudha Prawira menerangkan, kegiatan ini adalah bentuk kegiatan preemtif dan preventif berupa tindakan edukasi, persuasif, simpatik humanis kepada masyarakat

"Masyarakat dihimbau harus mematuhi ketentuan Surat Edaran tersebut dalam rangka kegiatan rutin yang ditingkatkan menjelang Operasi Ketupat Toba 2022," ujarnya.

Lanjut Kapolres, kegiatan ini juga sebagai implementasi program Kapolri yang menempatkan pergelaran anggota Polri di tengah-tengah masyarakat.

"Guna menciptakan rasa simpatik masyarakat kepada Polri. Kemudian, mewujudkan Kamseltibcar Lantas yang mantap," tutur Kapolres.

Dengan adanya kegiatan ini, kata AKBP Putu Yudha, tentunya dapat meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

"Dapat juga memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang sedang beraktivitas menggunakan kendaraan. Mencegah terjadinya kemacetan serta mencegah aksi kejahatan jalanan dan sebagai upaya preventif mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas," kata Kapolres Asahan.*