SERGAI - Bupati Sergai H Darma Wijaya memimpin Apel Pasukan Operasi Ketupat Toba tahun 2022 di lapangan Hijau Mapolres Sergai, Jumat (22/4/2022).

Dalam pelaksanaan apel turut hadir Kapolres Sergai AKBP Ali Machfud , Dandim 0204/DS Letkol Kav Jackie Yudhantara, Kasat Pol PP Sergai Wahyudi , Kadishub Sergai Gunawan Jaya Wardana, Kakan Kemenag Sergai Zulkifli Sitorus, Ketua MUI Sergai H Hasful Huznain dan seluruh Personel Polres Sergai.

Dalam sambutannya, Bupati Darma Wijaya mengatakan bahwa Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat - 2022 yang diselenggarakan secara serentak di Seluruh Jajaran Polri dengan tema "Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat - 2022 Wujud Sinergi Polri dengan instansi terkait untuk menjamin masyarakat aman dan sehat dalam perayaan Idul Fitri 1443 H/2022.

"Perayaan Idul Fitri - 2022 sudah menjadi bagian dari tradisi masyarakat Indonesia untuk melaksanakan kegiatan ibadah , berkumpul dan bersilaturahmi dengan keluarga serta sahabat," papar Darma Wijaya.

Lanjut Darma Wijaya, pemerintah telah menetapkan libur nasional hari raya Idul Fitri 1443/Tahun 2022 pada 2 dan 3 Mei 2022 , dan juga menetapkan cuti bersama Idul Fitri pada 29 April 2022 dan 4 Mei 2022 sampai 6 Mei 2022.

"Berdasarkan hasil survei Badan Litbang Kemenhub RI, diprediksi sekitar 85, 5 juta masyarakat akan melaksanakan mobilitas atau perjalanan selama lebaran,"ujarnya

Pria yang kerap disapa Bang Wiwik ini menambahkan, Polri dengan dukungan TNI, pemerintah daerah dan pemangku kepentingan lainnya, menyelenggarakan Operasi Ketupat - 2022 yang dilaksanakan selama 12 hari mulai 28 April 2022 sampai 9 Mei 2022.

"Adapun penekanan untuk dipedomani guna mendukung keberhasilan pelaksanaan Operasi Ketupat - 2022 yaitu , gelar kekuatan Polri pada pos - pos pengamanan dan pelayanan serta di titik - titik rawan kriminalitas , titik - titik kemacetan dan kecelakaan lalu lintas," papar Darma

Sambung Darma, lakukan koordinasi dan kerjasama dengan Satgas Covid - 19 untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi terjadinya lonjakan mobilitas masyarakat saat libur Idul Fitri 1443 H dengan melakukan test antigen secara acak terhadap warga masyarakat di tempat keramaian seperti rest area, mall, tempat wisata, dan lain-lain.

Sementara itu , para pengelola tempat wisata , pusat perbelanjaan dan tempat lainnya yang dapat menimbulkan kerumunan dimintan
untuk memasang dan menerapkan Aplikasi Peduli Lindungi.

Tidak hanya itu, lanjut Darma, Satgas pangan agar betul -betul memainkan peran untuk membantu pemerintah dalam menjamin ketersediaan bahan - bahan pokok dan pengendalian harga.

"Mantapkan kerjasama, sinergi dan solidaritas para pihak yang terlibat, satukan visi dan tujuan demi keberhasilan pelaksanaan operasi, " tutup Bupati Sergai Darma Wijaya.*