ASAHAN - Bupati Asahan bersama Forkopimda meninjau lokasi kebakaran di Dusun II, Desa Sei Apung Jaya, Kecamatan Tanjungbalai, Kabupaten Asahan, Senin (18/4/2022).

Hadir dalam peninjauan ini, Kapolres Asahan, Dandim 0208/As, Ketua Pengadilan Nageri Kisaran, Sekdakab Asahan dan OPD.

Api telah melahap sebanyak 66 rumah permukiman nelayan pada Minggu (17/4/2022) dini hari kemarin. Diduga karena adanya korsleting listrik dari rumah kosong, kemudian terbakar dan tak terpadamkan hingga banyaknya rumah milik nelayan rata dengan tanah. Akibatnya, 286 jiwa terdampak tragedi tersebut.

Adanya kejadian itu memunculkan rasa simpati Bupati Asahan dan Forkopimda. Para pemimpin Kabupaten Asahan itu menyalurkan bantuan berbentuk uang sebanyak Rp. 99 Juta dan sembako berupa beras 700 kg, mie instan 70 kardus, telur ayam 2100 butir, gula pasir 70 kg, kecap 70 botol, air mineral 79 kotak, matras 33 pcs (dari BPBD Provsu), kain sarung 70 pcs dan syrup 35 lusin.

Uang tersebut dibagikan kepada 66 Kepala Keluarga, masing-masing menerima uang sebanyak Rp.1,5 juta. Selain itu, Forkopimda juga menyiapkan dapur umum untuk para korban kebakaran, tenda pengungsian yang mampu menampung 200 orang.

Bupati Asahan, H. Surya menyampaikan rasa prihatin atas musibah yang dialami oleh Warga Dusun II Desa Sei Apung Jaya, Kecamatan Tanjung Balai.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Asahan saya menyampaikan turut prihatin atas musibah ini dan kepada warga yang menjadi korban saya sampaikan untuk tetap bersabar menghadapi cobaan ini,” ucapnya.

Sambungnya, atas kejadian ini Pemerintah Kabupaten Asahan melalui Dinas terkait akan melakukan pendataan kerugian yang dialami oleh warga dan akan melaporkan kejadian ini ke Pemerintah Provinsi Sumatera Utara serta Pemerintah Pusat.

"Kita akan melakukan pendataan korban. Nantinya kita akan melaporkan ke Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat," ujarnya.