TOBA - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Toba menggelar kegiatan lomba margala, tingkat sekolah SD di Kompleks Kantor Camat Siantar Narumonda Sabtu (16/4/2022). Margala merupakan salah satu permainan tradisional suku Batak Toba di zaman dahulu dimainkan anak-anak dan remaja maupun dewasa. Dalam menjalankan permainan ini dibutuhkan kekompakan dan kerja sama tim untuk mendapatkan kemenangan.
 
Bupati Toba Poltak Sitorus saat membuka lomba margala se Kecamatan Siantar Narumonda berpesan agar semua guru sekolah SD dan SMP kembali menghidupan permainan atau olah raga tradisional di tengah-tengah masyarakat Toba.
 
"Ajak dan ajarlah para anak-anak itu untuk bermain margala dan permainan tradisional Batak lainnya," sebut Bupati Poltak berpesan kepada para guru yang hadir.
 
Lanjutnya, permainan margala dan berbagai permainan tradisional Batak lainnya perlu dikembangkan lagi sebagai promosi budaya kepada wisatawan, seiring dengan ditetapkannya daerah Danau Toba menjadi salah satu kawasan pariwisata  super prioritas go internasional.
 
Poltak juga mengimbau seluruh warga Toba khususnya para pelaku wisata untuk memperlakukan wisatawan sebagai pihak hula-hula (paman) yang dihormati dengan memberikan penghormatan yang beradat sebagaimana tatanan adat dan budaya suku Batak Toba. 
 
 Poltak jugq mengucapkan selamat berlomba margala kepada 7 tim peserta Lomba Margala dan mengingatkan seluruh tim supaya bertanding dengan mengutamakan kerja sama tim melalui semangat sportivitas.
 
Sebelumnya, Plt Kadis Kebudayaan Pariwisata KabupatenToba, Rusti Hutapea dalam laporannya menyebutkan banyak permainan tradisional di daerah Toba, salah satunya permainan margala yang sudah jarang dilaksanakan di tengah masyarakat sejak 16 hingga 19 April 2022.
 
Untuk diketahui, pesta budaya ini dirangkai dengan kegiatan tradisional lainnya di antaranya; tonggo bius, panakkok saring saring, margondang/tortor, opera Batak, mangandung, margala, martada, martonun, kuliner, pameran dan penampilan artis sebagai hiburan rakyat.
 
Dalam acara ini, Pemkab Toba melalui Disbudpar Toba, menyuguhkan lomba Margala mulai hari ini Sabtu, (16/4/2022) dan di acara puncak Selasa, (19/4/2022) pekan depan  dengan menyuguhkan opera Batak dan mangandung.
 
Rusti menyebutkan permainan margala ini diikuti pelajar SD se Kecamatan Siantar Narumonda. Dengan peserta 7 tim yakni, sekolah SD Negeri Narumonda 8, SD Negeri Pardamean, SD Negeri Halado, SD Negeri Sitorang Jae, SD Negeri Sigordang, SD Negeri Narumonda 5 dan SD Negeri Narumonda 1. 
 
Lomba ini lanjutnya, sebagai bagian dari rangkaian acara Pesta Rakyat Bius Raja Maropat VI yang dikoordinir Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Indonesia (KPOTI) Kabupaten Toba.
 
Turut hadir dalam acara ini, Wakil Bupati Toba Tonny M Simanjuntak didampingi Pj Sekdakab Toba, Drs Augus Sitorus, Ketua TP.PKK Kabupaten Toba, Ny. Rita Marlina Poltak Sitorus, Ketua 1 TP.PKK Kabupaten Toba  Ny. Erna Grace Tonny M.Simanjuntak.
 
Kemudian, Plt Asisten Pemerintahan Eston Sihotang, Plt Asisten Administrasi Umum Very S.Napitupulu, Plt Kadis Sosial Sudirman Sirait, Camat Siantar Narumonda Evendi Marpaung, ST bersama para Kepala Desa se Kecamatan Siantar Narumonda.