DELISERDANG - Pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Deli Serdang menyimpan rasa kesal kepada pemerintah kabupatennya yang tak peduli akan kemajuan olahraga. Menurut Wakil Ketua Umum KONI Deli Serdang Efendi Manullang, prestasi olahraga di kabupaten Deli Serdang sangat buruk sejak tempat tahun terakhir. 
 
"Sejak 2019, prestasi olahraga di kabupaten Deli Serdang sangat miris dan memperhatikan," kata Wakil KONI dan disetujui oleh ketuanya Khairullah Siregar saat dikonfirmasi kepada Gosumut, Kamis (14/4/2022). 
 
Hal itu, Efendi Manullang meminta agar Bupati Deli Serdang mengevaluasi Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga yang dianggap tak peduli akan kejayaan olahraga di Kabupaten Deli Serdang. 
 
Tak hanya itu, Efendi juga mengeluh sejak tahun 2019 KONI Deli Serdang tidak pernah menerima dana hibah olahraga prestasi. Dilihat dari dasar hukum dan payung hukum terkait dana hibah, menurutnya KONI Deli Serdang sudah layak mendapatkannya. 
 
Efendi mengatakan, selama berjalannya olahraga Deli Serdang biayanya hanya mengandalkan dana swakelola berlangsung dikumpulkan oleh para pengurus cabang olahraga (Cabor) dan didukung oleh orang tua para atlet jika mengikuti kejuaraan.
 
“Semuanya pembiayaan dilakukan oleh masing masing Cabor, tidak pernah kami pengurus Cabor sejak tahun 2019 dipanggil dan mendapatkan bantuan dari Pemerintah, padahal kami yang punya atlet dan kami yang bertanggung jawab untuk atlet kami," kata Efendi. 
 
Sementara itu, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Deli Serdang,  Khoirum Rijal saat dikonfirmasi belum menjawab telpon dari Gosumut.