PADANG SIDEMPUAN  - Ratusan mahasiswa di Kota Padang Sidempuan turut bergerak di aksi serentak 11 April, perjuangan para mahasiswa yang melakukan aksi besar besaran yang salah satunya terkait wacana perpanjangan waktu jabatan presiden dan masa jabatan 3 periode. Pantauan wartawan, sekitar pukul 14.00 WIB, Senin (11/4/2022) ratusan mahasiswa berkumpul di Alaman Bolak Padang Sidempuan dan melanjutkan berjalan kaki menuju kantor DPRD Kota Padang Sidempuan dengan membawa beraneka ragam poster maupun spanduk dan diiringi satu unit mobil berisi pengeras suara.

Aksi unjuk rasa damai Alianasi Mahasiswa Salak Berduri (AMISABI) Tapanuli Bagian Selatan (TABAGSEL) ini mulai di gelar di Di depan Kantor Kantor DPRD Padang Sidempuan sekitar pukul 15.00 WIB.

Ratusan personel pengamanan yang terdiri dari kepolisian dari Polres Padang Sidempuan, Polres Tapsel, TNI dan Satpol PP Padang Padangsidempuan diturunkan untuk mengamankan aksi tersebut. Tampak juga Kapolres Padang Sidempuan AKBP Juliani Prihartini SIK, MH, Kapolres Tapanuli Selatan (Tapsel) AKBP Roman Smaradhana Elhaj dan Dandim 0212/TS Rooy Chandra Sihombing ikut mengawal jalannya aksi.

"Kami dari AMISABI TABAGSEL, Menolak 3 Periode Masa Jabatan Presiden, Menolak Kenaikan BBM, Menolak Kenaikan Harga Bahan Pakan dan juga meminta DPRD agar memberikan rekomendasi, membuka Pintu Pendidikan Selebar lebarnya," kata Mara Husein Nasution Ketua HIMMAH Padang Sidempuan dan Tapsel kepada wartawan.

Menurut mahasiswa, dalam aksi tersebut ada beberapa poin tuntutan yang akan disampaikan ke DPRD Padang Sidempuan sebagai tempat penyampaian aspirasi.

Diantaranya, Menolak Pajak Pertambahan Nilai (PPN), Menolak Undang-Undang Ibu Kota Negara (RUU IKN), Mengusut Tuntas Mafia Minyak Goreng, Selesaikan Konflik Agraria, Tuntaskan Janji Kampanye Di Sisa Jabatannnya, Pernyataan Sikap DPRD Secara Tertulis.

Sekedar untuk diketahui Amisabi yang turun kejalan meliputi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Badan Eksekutive Mahasiswa (BEM) UMTS, Himpunan Mahasiswa Alwashliyah (HIMMAH), Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI), Gerakan Mahasiswa Muslim Indonesia (GMMI), Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) dan kumpulan Mahasiswa lainnya.