KARO - Personel Babinsa Koramil 02/Tigapanah memberikan materi tentang wawasan kebangsaan kepada para siswa SMAN 1 Tigapanah, Kabupaten Karo, Senin (11/4/2022). Anggota Babinsa Koramil 02/Tigapanah Serma Yusmayanto, menyebutkan wawasan kebangsaan ini berisikan tentang semangat bela negara.
 
Ia menjelaskan, alasan mengapa siswa SMA menjadi target materi bela negara karena para mereka yang masih berusia muda sangat rentan dan masih dalam proses mencari jati diri. 
 
"Ini kita berikan materi tentang bela negara, supaya anak didik kami yang masih usia remaja agar tidak terpengaruh dengan hal yang tidak baik, seperti perkelahian dan lainnya," ujar Yusmayanto. 
 
Dengan materi wawasan kebangsaan mengenai bela negara tersebut, diharapkan agar para siswa ini bisa mencintai negaranya. 
 
Pihaknya berharap agar nantinya para siswa dengan usia muda ini bisa mendapatkan bekal yang kuat tentang wawasan kebangsaan saat menginjak usia dewasa. 
 
"Agar anak kami ini bisa memahami kehidupan yang akan datang, mencintai bangsanya agar terfokus pada bela negara," ucapnya. 
 
Sementara itu Kepala Sekolah SMAN 1 Tigapanah Simon Bangun SPd MPd, mengungkapkan pihaknya sangat menyambut baik kegiatan pembelajaran bela negara oleh TNI kepada para siswa. 
 
Ia berharap melalui materi yang mengajarkan tentang nilai sosial dapat mendidik siswa untuk saling hormat kepada sesama.
 
Seperti diketahui belakangan ini, banyak anak di usia remaja seperti siswa SMA yang melakukan aksi tawuran dan sifat tidak terpuji lainnya, sehingga melalui materi tersebut dapat menyadarkan siswa untuk tidak melakukan hal-hal negatif.